Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Pembelajaran Inovatif


Nama        : Rizka Fiokta Purnama
NIM           : 2817133164
Prodi         : PGMI 1E
Judul Buku           : Pembelajaran Inovatif
Penulis                 : Khanifatul, S.Pd.
Penerbit               : AR-RUZZ MEDIA
Tahun Terbit        : Cetakan I, 2013
                                           Tebal Buku           : 116 hlm, 14.8 X 21 cm
Harga Buku         : Rp. 23.000


Dalam proses pembelajaran, terkadang siswa sering merasakan bosan, baik karena materi ataupun cara mengajar guru yang monoton. Untuk itu, diperlukan beberapa upaya agar perhatian siswa tertuju kepada materi yangsedang diajarkan guru. Begitu juga lingkungan kelas yang kondusif dan menyenangkan, akan dapat membangkitkan semangat dan kreativitas siswa. Dengan demikian, efektivitas dalam kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan.
Di dalam buku ini membahas tentang metode-metode pembelajaran serta jenis-jenis strategi pembelajaran. Buku ini juga menjelaskan tata cara pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sewaktu pembelajaran di kelas, seperti pembelajaran dengan humor. Buku ini juga menjelaskan tentang kecerdasan emosional dan keterkaitannya dengan pola berpikir otak.
Penulis buku juga menulis tentang manfaat humor dala pembelajaran, peranan humor dalam pembelajaran, dan teknik beserta waktu yang tepat untuk melakukan humor di dalam kelas. Penulis juga berpendapat  bahwa beljar sangat efektif jika siswa dalam keadaan yang fun, maksudnya dalam keadaan fun adalah jika pada saat pembelajaran berlangsung siswa dalam kondisi terbaik untuk belajar dan tidak mendapatkan tekanan dari lingkungan maupun keluarga.
Kelebihan dalam buku ini adalah dijelaskannya secara rinci metode-metode pembelajaran yang menarik, agar siswa selalu memperhatikan penjelasan guru. Seperti halnya humor. Buku ini juga langsung memberi contoh metode pembelajarannya, misalnya contoh humor-humor yang pas untuk diberikan kepada siswa.
Buku ini juga sangat menarik untuk dibaca, karena buku ini juga menerangkan tentang kondisi dan faktor yang mempengaruhi belajar. Jadi guru tahu bagaimana waktu ataukondisi yang pas untuk murid siap di ajar atau tidaknya.
Buku ini juga sangat bermanfaat bagi praktisi pendidikan, baik guru, dosen atau lainnya tentang penggunaan humor dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Buku ini juga menjelaskan berbagai manfaat humor, baik humor di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Selain itu, menjelaskan pula cara mengelola kelas secara efektif dan praktis dengan humor.
Pada buku ini terdapat kekurangan yang tidak terlaluterlihat, yakni ada kata-kata yang salah dalam penulisannya. Ada kalimat yang terlalu berbelit-belit, juga ada kata-kata asing yang sulit untuk dipahami.
Buku Pembelajan inovatif ini merupakan buku yang sangat tepat bagi para calon-calon guru baik SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA maupun dosen. Manfaat dari buku ini sangat banyak, dengan adanya penjelasan tentang strategi pembelajaran, maka guru akan mempunyai banyak cara untuk mengatasi, menerangkan dan mengkondisikan kelas. Seperti dengan humor, karikatur, cerita singkat (anehdot).
Jadi, buku ini sangat berguna bagi para guru/pengajar. Dan bisa jadi bila para mengajar membaca buku ini, para pengajar tidak akan mendapatkan kesulitan yang terlalu signifikan terhadap masalah yang ada di dalam pembelajaran kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar