Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak



Nama:Rifayani Amalina
Nim:2817133153
Kelas: PGMI 1 E
Identitas Buku
Judul buku                  : Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak
 Penulis                       : Nini Subini S.Pd
 Penerbit                     : Juvalitera
 Tebal buku                 : 162 halaman
 Harga                        : Rp. 23.800,-




Buku karya Nini Subini ini terbit bertujuan memberi solusi para orang tua yang memiliki masalah anak kesulitan belajar. Buku ini juga membantu mengentaskan anak dari kesulitan belajar , hal apa saja yang harus dilakukan oleh orang tua, guru, atau pendidik  untuk membantu anak-anak keluar dari kesulitan.
Dalam buku Nini Subini menjelaskan pengertian kesulitan belajar adalah beragam gangguan dalam menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung karena factor internal individu itu sendiri, yaitu disfungsi gangguan otak. Pada bab selanjutnya berisi faktor yang mempengaruhinya, macam-macam gangguan belajar sampai dampak yang ditimbulkan. Dan pada bab terakhir buku ini menjelaskan macam-macam ragam kesulitan belajar pada anak dan cara mengatasinya. Dari masalah-masalah tersebut buku ini  memberikan salah satu cara mengatasinya yaitu kehadiran orang tua disamping anak untuk terus memotivasi anak dari gangguan kesulitan belajar.
Kelebihan buku ini adalah menjelaskan secara detail tentang masalah kesulitan belajar, dimulai dari pengertian kesulitan belajar sampai cara menanggulanginya. Kelebihan yang lain adalah dalam buku ini diberikan contoh-contoh masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari seperti pada halaman 67 dalam bab konservasi.
Kelemahan buku adalah gaya bahasa yang sulit dipahami bagi orang awam contoh pada halaman 87 terdapat kalimat yang berbunyi ”sulit belajar fonem atau bahkan mengeja”. Dari kata fonem itu sendiri bagi orang awam sulit untuk dipahami.
Dari masalah yang timbul akibat gangguan belajar, para orang tua diajak untuk lebih memahami kesulitan yang dihadapi oleh anak. Jangan terlalu membebani anak untuk selalu belajar. Bantu anak untuk belajar secara menyenangkan. Bimbing anak untuk belajar yang belum dia ketahui. Jadilah orang tua yang mampu mencetak anak yang memiliki ilmu pengetahuan luas dan menjadi penerus bangsa yang beretika.

 

1 komentar:

  1. trima kasih mba, semoga bermanfaat. membantu dalam mengerjakan tugasku.. :-)

    BalasHapus