Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Bimbingan Konseling Islam

Nama  : Rochim Fauzi
Kelas  : PGMI 1 E
Nim     : 2817133167

Judul Buku    : Bimbingan Konseling Islam
Penulis Buku : Elfi Mu’awanah
Penerbit buku: TERAS
Tahun Terbit : 2012
Tebal Buku    : 355 Halaman
Harga Buku   : Rp.35.000                               

                                   
           
            Buku’’Bimbingan  Konseling’’ ini disusun untuk menunjang mata kuliah di perguruan tinggi.Fenomena Kenakalan remaja merupakan hal yang penting untuk di pahami agar dapat dijadikan dasar untuk memilih pendekatan konseling islam yang mana didalam buku ini ada bentuk konseling alternatif dalam perspektif Qur’an.
           Kenakalan remaja semakin di rasakan oleh masyarakat baik di negara maju maupun negara berkembang, salah satu faktor kenakalan remaja di sebabkan oleh Keimanan religius yang kurang kuat  remaja yang seperti itu cenderung mengiyakan terhadap nilai yang sebenarnya berlawanan dengan nilai agama. Maka untuk mengubah tingkah laku yang seperti itu dibutuhkan Bimbingan Konseling Islam, ini Bertujuan untuk  membimbing seorang anak khususnya para remaja dalam mengubah tingkah laku yang negatif menjadi tingkah laku yang positif. Dalam bimbingan ini mengemukakan berbagai jalan pelurusannya, pendidikan berdasarkan dari Al Qur’an.
            Buku ini mempunyai kelebihan dari segi fisik sampul cukup menarik, Dari segi kertas termasuk yang bagus karena tidak mudah kisut dan sobek
, dari segi isi dan kalimat tidak terlalu rumit.
Buku ini mempunyai Kelemahan di penulisannya ayat Al Qur’an kebanyakan tidak di beri harokat, sehingga pembaca merasa bingung pada waktu membaca ayat tersebut.
           Buku’’Bimbingan konseling islam’’ini bagus untuk di baca oleh para kalangan remaja. khususnya para mahasiswa. Karena di dalam buku ini mempelajari tentang pertumbuhan remaja dan yang paling penting mempelajari tentang mengubah tingkah laku yang negatif menjadi positif, dan di susun dari hasil penggalian dari ayat-ayat Al Qur’an.

1 komentar: