Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Buku Sosiologi Islam dan Masyarakat Modern



NAMA   :RISKA NUR AINI
KELAS  :1 E
NIM      : 2017133160


Judul Buku      : Sosiologi Islam & Masyarakat Modern
Pengarang       : Dr. Syarifuddin Dalam pembahasan,menjelaskan tentang sosiologi
Penerbit           : Kencana Prenada Media Group
Cetakan           : 1 Februari 2010
Tebal Buku      :286 halaman
Harga              :22.500


Istilah Studi Islam dalam bahasa Islamic Studies,dan dalam bahasa Arab adalah Dirasat al-Islamiyyah.Pengertian,StudiIslam secara sederhana dimaknai sebagai “Kajian Islam”.Pengertian Islam secara terminologis sebagaimana yang dirumuskan para ahli, ulama,dan cendekiawan bersifat sangat beragama,tergantung dari sudut pandang yang di gunakan.Pengertian tentang Studi Islam juga sangat beragam,tergantung siapa yang merumuskan apa latar belakang pendidikannya,sudut pandang yang di gunakan,dan sebagainya.Menurut Taufik Abdullah,agama sebagai sasaran kajian dapat di kategorikan menjadi tiga,yaitu agama sebagai doktrin,dinamika dan struktur masyarakat yang di bentuk oleh agama,dan sikap masyarakat pemeluk terhadap doktrin.
pemimpin dan pejabat terhadap pendekatan sains dan islam,yang dimana dijelaskan tentang berbedaan antara pemimpin dengan pejabat serta bagaimana cara untuk memperlakukan sesorang yang sebagai atasan dengan seseorang yang sebagai pemimpin.Dan makna dari seorang pemimpin dalam perspektif sosiologi,islam,serta moral seseorang pemimpin.Kemudian membahas pula mengenai tingkah laku pemimpin dan legitimasi pemimpin umat yang atikuten.Dimana dijelaskan mengenai jarak terhadap masyarakat biasa dengan masyarakat yang memiliki kekuasaan,serta suatu retaknya ukhuwah islamiyah di kalangan pemimpin.
Dalam pembahasan ialah dijelaskan mengenai gerakan sosial,apa pemicunya serta fenomena mengenai gerakan sosial tersebut.Kemudian dijelaskan pula mengenai agama, politik dan gerakan islam.Yang dimana berisi tentang doktrin dari suatu agama,pokok-pokok ajaran,serta faktor doktrinal.Dan dalam bab ini pula dijelaskan mengenai hubungan islam dan Negara,reproduksi gerakan islam politik,serta strategi politik gerakan islam yang membahas mengenai model pendekatan itu menggunakan struktural maupun kontekstual,serta corak yang ada dalam islam.Kemudian dijelaskan pula mengenai tipologi gerakan sosial islam,perspektif teoritis gerakan sosial,serta teori-teori gerakan sosial.
Studi Islam sebagai sebuah kajian secara sistematis terhadap Islam memiliki sebuah tujuan.Adanya tujuan akan memudahkan kepada siapa pun yang sedang melakukan sebuah kegiatan atau usaha untuk mencapainya.Secara garis besar,tujuan Studi Islam adalah mempelajari secara mendalam tentang hakikat Islam.Mempelajari secara mendalam terhadap sumber dasar ajaran agama Islam yang tetap abadi dan dinamis serta aktualisasinya sepanjang sejarah.
Berbagai fenomena agama dalam kehidupan manusia yang sedari dulu hingga masa kini dicari titik temu yang pas dari pengertian yang pas mengenai apa itu agama?Apa dan siapa yang yang memiliki kekuatan gaib hingga bisa menjadikan alam semesta seperti ini dan dirasakan sebagai sumber kehidupan.Fenomena mengenai agama memang menjadi polemik pada masa kini. Tertutama di Indonesia.Banyak sekali agama-agama yang mengaku Islam akan tetapi urgensi dan pelaksanaannya melenceng dari Islam itu sendiri.Untuk mengetahui mengenai melencengnya agama buku ini membahas pengertian dari agama itu tersendiri yang merupakan fitrah bagi setiap manusia.Agama juga ada yang terbentuk dari kegiatan-kegiatan atau budaya manusia sehingga dinamakan agama budaya.Selain itu agama yang benar-benar diturunkan Allah kepada para rasulnya atau agama samawi dibahas oleh penulis dalam buku ini.Dalam bab keenam ini dijelaskan mengenai politik dan hukum dalam perspektif sosiologi serta kaitannya tentang doktrin, teori dan praktek.Yang dimana dijelaskan tentang dimensi sosiologi dalam politik hukum,yang berisi tentang ketentuan hukum,serta keterkaitannya dengan sosiologi.Dalam bab ini dijelaskan mengenai politik dan hukum dalam perspektif sosiologi serta kaitannya tentang doktrin,teori dan praktek.Yang dimana dijelaskan tentang dimensi sosiologi dalam politik hukum,yang berisi tentang ketentuan hukum, serta keterkaitannya dengan sosiologi.Dalam bab ini pun menjelaskan tentang pendekatan teoritis sosiologis politik hukum,yang membahas mengenai keterkaitan sosiologi hukum dengan peraturan pola tingkahlaku manusia dalam masyarakat,serta norma-norma hukum.Di bab ini juga dijelaskan mengenai sosiologi politik dan hukum dalam rekonstruksi teoritis yang menjelaskan mengenai sosiologi kritis,sosiologi kritik,dan pandangan islam tentang realitas.
Sedangkan dalam bab menjelaskan tentang konflik dan kekerasan dalam politik nasional.Yang berisikan faktor konflik dan pemicunya dalam kehidupan umat manusia. Dijelaskan pula mengenai Negara hegemonic dan konflik sosial,serta kerusuhan sosial.
Adapun kelibihan dari buku ini,diantaranya struktural pembahasan yang sistematis, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami pembahasan secara lebih dalam.Kemudian buku ini memberi bekal terhadap pembaca sebagai wawasan terhadap sosiologi dalam kaitanya mengenai masyarakat dan hubungannya dalam kehidupan sekarang. 
 Dalam bab ini pun menjelaskan tentang pendekatan teoritis sosiologis politik hukum,yang membahas mengenai keterkaitan sosiologi hukum dengan peraturan pola tingkahlaku manusia dalam masyarakat,serta norma-norma hukum. Di bab ini juga dijelaskan mengenai sosiologi politik dan hukum dalam rekonstruksi teoritis yang menjelaskan mengenai sosiologi kritis,sosiologi kritik,dan pandangan islam tentang realitas.
Sedangkan dalam bab terakhir menjelaskan tentang konflik dan kekerasan dalam politik nasional.Yang berisikan faktor konflik dan pemicunya dalam kehidupan umat manusia. Dijelaskan pula mengenai negara hegemonik dan konflik sosial,serta kerusuhan sosial.
Adapun kelebihan dari buku ini,diantaranya struktural pembahasan yang sistematis,sehingga memudahkan pembaca dalam memahami pembahasan secara lebih dalam.Kemudian buku ini memberi bekal terhadap pembaca sebagai wawasan terhadap sosiologi dalam kaitanya mengenai masyarakat dan hubungannya dalam kehidupan sekarang. 
Adapun kelebihan dari buku ini,diantaranya struktural pembahasan yang sistematis, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami pembahasan secara lebih dalam. Kemudian buku ini memberi bekal terhadap pembaca sebagai wawasan terhadap sosiologi dalam kaitanya mengenai masyarakat dan hubungannya dalam kehidupan sekarang. 
Disamping memiliki kelebihan, buku ini pun tidak terlepas dari kekurangannya,yaitu memiliki beberapa pembahasan yang kurang mudah untuk terfahami bagi orang yang masih awam khususnya terhadap konteks kalimat yang terlalu tinggi.
Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon cendikiawan muslim sebagai tahap awal dalam memahami islam serta dapat menempatkan dirinya sebagai cendekiawan muda pada masa sekarang, dengan mencontoh cendekiawan-cendekiawan dimasa yang lalu,dan sangat membantu para mahasiswa (khususnya perguruan tinggi yang berbasis agama) dalam kegiatan pembelajaran Metodologi Studi Islam maupun Sosiologi Islam.
Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon cendikiawan muslim sebagai tahap awalcendekiawan dimasa yang lalu,dan sangat membantu para mahasiswa (khususnya perguruan tinggi yang berbasis agama).Setiap umat Islam yang satu dengan umat Islam yang lainnya itu bersaudara. Dalam hal ini persaudaraan dalam Islam sangat penting untuk membangun Islam yang lebih besar lagi. Dalam Islam tidak ada yang namanya perbedaan setiap umat Islam yang satu dengan umat Islam yang lainnya adalah sama, tidak perduli kedudukan, ras, kekayaan, dan lainnya yang berbeda hanya keimanan dan ketakwaan seseorang di hadapan Allah.Ukhuwah atau persaudaraan memiliki makna, bentuk dan prinsip yang terangkum jelas dalam ajaran Islam dan terdapat auat tertulis di dalam buku ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar