Senin, 30 Desember 2013

Resensi Buku Pengajaran Yang Imajinatif



 
Nama: Rikma Ratri
Kelas  : PGMI 1 (E)
NIM    : 2817133155
                              
                 Judul Buku :    PENGAJARAN YANG IMAJINATIF
                             Penulis       :  KIERAN EGAN
     Penerbit     : PT MACANAN JAYA CEMERLANG
     Tebal hal    : 1,5 cm 322 halaman
     Harga         : Rp  65.000


            Buku ini disusun oleh seorang penulis bernama Kieran Egan yang membahas mengenai cara untuk mengubah pengalaman siswa-siswi dan membantu mereka agar lebih mengetahui serta lebih kreatif di dalam pemikiran mereka. Inti dari proses pengubahan ini adalah imajinasi yang akan menjadi inti dari pembelajaran efektif  bila dikaitkan dengan tuga-tugas inti pendidikan. Pengajaran yang efektif seperti seperti cerita, ritme, sandiwara, oposisi, perantara, dan pemahaman metanaratif. Para pendidik seperti guru akan menemukan bahwa buku ini merupakan sumber yang sangat berharga untuk memahami teoristis dan strategi praktis agar dapat melibatkan secara efektif  imajinasi para siswa.
            Ada tiga bab yang ditulis oleh penulis buku ini yaitu seperangkat alat pembelajaran, seperangakat alat membaca, dan seperangkat alat pemikiran alat teoristis. Seperangkat alat pembelajaran terdapat alat-alat Kognisi Primer di dalam penjelasannya adalah cerita, metafora, lawan-lawan biner, rima,  ritme, pola, lelucon, humor, penggambaran mental, gosip, sandiwara, misteri, dan alat-alat embrionik kemampuan membaca. Jadi materi seperangkat alat pembelarjaan adalah untuk mengeksplorasi bebagai cara di mana prinsip-prinsip dan alat-alat kognisi dalam praktik sehari-hari.
 Selanjutnya materi seperangkat alat kemampuan membaca, ada beberapa alat-alat kognisi utama yang akan dimiliki oleh para siswa dalam tingat yang kebih besar atau lebih kecil ketika mereka menguasai kemapuan membaca yaitu kesan akan realita, keekstriman pengalaman, ketebatasan realita, asosiasi dengan para pahlawan, kesan dari keigintahuan, koleksi, hobi, makna ilmu pengetahuan, pemahaman narasi, kapasitas perubahan, idealisme, mengubah konteks, dan alat-alat embrionik untuk pemikiran teoristis.
  Terakhir adalah materi bab alat-alat embrionik dari pemikiran toristis yaitu dalam kelas imajinatif, khususnya dengan siswa-siswa yang membuat kemajuan baik dalam mengembangkan alat-alat kognisi kemampauan membaca. Para guru perlu mengingat rasa tertarik yang berkembang dalam skema, teori, ideologi, ide-ide metafisik pada umunya dan isi-isi lai dari dunia teoristis
            Kelebihan penulisan  buku ini yaitu banyak cara-cara yang dapat membantu guru untuk mengajarkan pelajaran yang imajinatif  pada para siswa, juga terdapat berbagai pendekatan-pendekatan yang menunjukkan bagaimana perolehan alat-alat kognitif  yang tentunya dapat mendorong perkembangan pendidikan para siswa itu sendiri.
            Kelemahan penulisan buku ini diantaranya ialah terlalu banya aspek yang dalam pembahasannya terlalu banyak  mendominasi suatu pengertian dalam satu contoh sub bab materi sehingga dalam pengertiannya terlalu berbelit-belit. Dan dalam glosarium kurang lengkap dalam kata-kata yang dianggap penting dan belum mengetahui artinya.
Marilah para guru membeli serta membaca buku Pengajaran yang Imajinatif , mengingat peran guru yang dituntut aktif dalam pengembangan pembelajaran Imajinatif serta kreatifitas pada siswa yang semakin maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar