Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Buku Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter



Nama   : Rizqi Astri Rokhmahningtyas
Kelas    : PGMI.1E
NIM    : 2817133165

 
Judul Buku      : Desain Pembelajaran Berbasis
                           Pendidikan Karakter
Penulis             : Asmaun Sahlan dan Angga Teguh
                           Prastyo
Penerbit           : Ar Ruzz Media
Tebal Halaman : 216 halaman
Harga              : Rp 36.000,-









Buku “Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter” disusun oleh Asmaun Sahlan dan Angga Teguh Prastyo,  atas rujukan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementarian Agama Republik Indonesia. Berdasarkan desakan dan tuntutan masyarakat untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas menjadi problem yang sangat sulit diatasi. Masyarakat membutuhkan generasi yang tidak hanya  cerdas akal, tetapi sekaligus berakhlak mulia. Untuk menghasilkan generasi cerdas yang bermoral tidak cukup hanya memberikan pelajaran akademik. Akan tetapi, harus ada proses pemahaman mengenai moral kepada peserta didik. Buku ini hadir sebagai salah satu arus informasi yang disediakan untuk masyarakat terutama untuk pendidik. Harapan besar yang ingin disampaikan kepada pembaca secara luas adalah bagaimana menata pembelajaran yang bermutu agar mampu memberi warna dan hasil kepada segenap masyarakat. Sebab, pembelajaran adalah akar dari pendidikan.
Buku “Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter” merupakan buku referensi yang mendesain pembelajaran berbasis nilai. Dimana tugas sekolah adalah meleburkan pelajaran moral ke dalam pembelajaran akademik. Hal inilah yang disebut sistem pembelajaran berbasis nilai. Dalam hal ini, sekolah bertanggung jawab atas penyampaian pendidikan moral kepada para peserta didik. Bukan hanya sekolah, tetapi orangtua dan masyarakat juga mengambil bagian dalam proses tersebut. Perencenaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter, perangkat pendidikan karakter tersusun dari tiga tahapan pembelajaran yang saling memengaruhi satu sama lain, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Perencanaan pembelajaran berbasis karakter melibatkan segala aspek yang terkait sistem pendidikan yang dijalankan di sekolah. Perencanaan persiapan pembelajaran tidak hanya mempertimbangkan hal-hal yang berpengaruh terhadap komponen pembelajaran seperti strategi, tetapi juga media dan metode yang digunakan. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dengan persiapan pembelajaran sebagai berikut :
1)      Guru perlu menelaah analisis hari efektif dan analisis.
2)      Guru perlu membuat program tahunan, program semester, dan program tagihan.
3)      Guru perlu menyusun silabus.
4)      Guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.
5)      Guru perlu melakukan penilaian pembelajaran.
Buku “Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter” mempunyai kelebihan, yaitu dapat membantu menganalisa nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran, menyusun perencenaaan pembelajaran yang bermutu dan menumbuhkan kecakapan hidup berkeadaban siswa. Dengan menggunakan kalimat efektif pembahasan dalam buku ini dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Antar pembahasan saling berhubungan.
Buku “Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter” menurut saya tidak mempunyai kekurangan karena dari segi penulisan dan pengeditan tulisan sudah sesuai dengan kaidah EYD. Dan isi pembahasan di dalam buku tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami.
Buku ini sangat cocok dibaca oleh pendidik karena buku ini berisi tentang proses pembelajaran berbasis pendidikan berkarakter. Para pendidik bisa menjadikan buku ini sebagai referensi dalam mendesain pembelajaran yang berkualitas di dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar