Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Assessment Pembelajaran



Nama   : Retno Intan Kuswari
Kelas   : PGMI 1 E
NIM    : 2817133152
Buku-Assessment-Pembelajaran.jpg Judul      : Assessment Pembelajaran
                         Penulis   : Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. danDra. SatriaKoni, M.Pd.
                         Penerbit : PT BumiAksara, Jl. Sawo Raya No.18, Jakarta
Tebalhal   :236 hal
Harga      : Rp. 41000,-



Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dioperasionalkan melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dikenal istilah Assessment Pembelajaran. Bagian penting dari Assessment pembelajaran adalah bagaimana cara melakukan penilaian,  bagaimana prosedur penilaian, pengolahan data, penetapan skor hingga pelaporannya.  Sehingga gambaran dari hasil pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dapat diketahui, bukan saja oleh siswa, tetapi juga oleh semua pihak termasuk orangtua dan sekolah.
Buku ini memuat secara detail hal-hal yang berkaitan dengan penilaian pembelajaran.  Selain itu, buku ini memaparkan berbagai teori penilaian, macam penilaian, serta bagaimana mengumpulkan data untuk penilaian. Buku ini juga mengemukakan berbagai teori dan aplikasi pengumpulan data untuk penelitian, baik penelitian yang mengkaji variable hasil belajar maupun variable non hasil belajar yang melibatkan instrument angket.
Dalam buku ini diuraikan juga cara mensekoring data, menguji kevalidan dan reliabilitas instrument bahkan sampai ketingkat kesukaran soal hasil belajar. Itulah sebabnya memiliki buku ini bagi guru sangat bermanfaat untuk kebutuhan penilaian siswa, sedangkan bagi mahasiswa benar-benar dapat membantu kelancaran tugas-tugas penelitiannya. Bagaimanapun juga instrument penelitian sangat dibutuhkan untuk pengumpulan data. Kualitas penelitian sangat ditentukan oleh ketepatan dalam mengumpulkan data serta menggunakan jenis instrumen yang valid. Tidak jarang ditemukan bahwa ada mahasiswa yang sulit mengumpulkan data untuk keperluan penelitiannya. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman tentang jenis data apa yang dikumpulkan untuk keperluan penelitian, dan bagaimana menyusun instrument untuk keperluan tersebut.
Dalam buku ini terdapat istilah-istilah yang sulit dipahami. Sehingga, pembaca atau pengguna buku ini membutuhkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, atau buku penunjang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar