Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Buku Guru yang Baik di Setiap Kelas



Nama    : Rizqka Febriana
Prodi     : PGMI 1E
NIM     :2817133166

Pengembangan Generasi Baru Guru Berkualitas Tinggi

Judul Buku                  : Guru yang Baik di Setiap Kelas
            Penerjemah                  : Ida Kusuma Dewi, SS, MA dan
                Bayu Budiharjo, SS
Penerbit                       : PT Indeks
Jumlah Halaman          :102 halaman
Ukuran                        :15x23 cm
Tahun Terbit                :2009
Harga                          : -


Buku yang berjudul Guru yang Baik di Setiap Kelas  ini merupakan rekomendasi buku yang didasarkan pada hasil penelitian mengenai pembelajaran, pengajaran yang efektif, pembelajaran guru dan pendidikan guru. Buku ini disponsori oleh National Academy of Education dan juga bekerjasama dengan City University of New York, Dillard University, Indiana State University, New York University, Standford University, University of Georgia, University of Texas-El Paso, dan Xavier University yang sudah memberikan umpan balik terhadap rekomendasi-rekomendasi diatas. Buku ini merupakan buku cetakan pertama yang diterbitkan oleh PT Indeks, serta diterjemahkan oleh Ida Kusuma Dewi, SS, MA dan Bayu Budiharjo, SS
Menjadi guru yang baik di setiap kelas merupakan idaman bagi seluruh guru karena setiap guru pasti menginginkan anak didiknya memahami dengan baik materi yang telah disampaikannya. Guru harus mengetahui tentang pembelajaran dan perkembangan anak didiknya, menguasai tentang materi yang akan diajarkan serta tujuan pengajaran. Guru harus mampu mengemban tanggungjawab untuk mengajar anak didik dari berbagai kalangan dan berbagai latar belakang. Dalam menjalankan proses balajar mengajar, guru diharapakan mengetahui cara mengantisipasi kemungkinan adanya kesalah pahaman sehingga segala materi dapat dipahami semua anak didik dengan kemampuan yang beragam.
Dari segi fisik buku (seperti jenis kertas, segi tulisan, cover buku) termasuk baik, menarik, simpel, dapat dibawa kemanapun serta dibaca kapanpun sebab buku ini berukuran tidak terlalu besar.
Dalam segi isi, buku ini disusun dengan bahasa yang komunikatif dan sederhana. Selain itu isi dari buku ini membuat para guru khususnya guru pemula akan lebih terinspirasi  untuk menjadi guru yang terbaik.
Buku yang berjudul Guru yang Baik di Setiap Kelas  bahasanya kurang efektif dan tidak efisien. Selain itu kalimat yang dijadikan contoh hampir sama dengan kalimat penjelas.
Buku ini sangat baik dibaca terutama oleh guru pemula sebab buku ini bisa membantu guru pemula mengembangkan pemahaman terhadap dasar pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran. Buku ini juga menjelaskan perlunya guru belajar menyesuaikan diri dengan berbagai budaya, mengembangkan kurikulum yang memenuhi kebutuhan pembelajaran anak didik, menangani masalah perilaku umum dan menilai kemajuan akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar