Rabu, 04 Desember 2013

Resensi Buku Proses Pembentukan Karakter

 Nama :  Ririn Indriana
Kelas  :  PGMI 1-E
NIM   :  2817133157

PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER

Judul buku                                                       :Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah
Penulis                                                            : Agus Zaenul Fitri
Tahun terbit                                                    : 2012
Kota terbit                                                      : Yogyakarta
Ukuran                                                            : 14,8 x 21 cm
Tebal buku                                                      : 192 halaman

            Buku yang berjudul “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah” karya Agus Zaenul Fitri membahas tentang aspek pendidikan karakter mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, model pendidikan, nilai dan etika.
            Buku ini sangat bermanfaat bagi guru, orang tua, kepala sekolah dan penggiat pendidikan yang sedang berupaya untuk membangun  karakter anak bangsa melalui nilai dan etika yang dilakukan sejak pendidikan dasar.
            Pendidikan sekolah tidak mampu menghasilkan penerus bangsa seperti yang dicita-citakan pancasila. Sekolah dan perguruan tinggi justru menghasilkan koruptor, penguasa otoriter, pejabat yang tidak memikirkan rakyat, serta tokoh masyarakat yang tidak adil dan semena-mena.
            Dalam upaya menyelamatkan generasi penerus bangsa muncul konsep pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini tidak hanya bertugas mencerdaskan siswa secara akademik, tetapi juga mendewasakan mental mereka. Selain itu, juga dirancang khusus untuk membentengi siswa dari segala macam pengaruh buruk di luar sekolah. Pendidikan nilai dan etika juga tidak kalah penting dalam upaya untuk membentuk karakter bangsa yang bercirikan nasionalisme-religius.
            Kelebihan dalam buku “Pendidikan Karakter yang Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah” yaitu membahas aspek pendidikan karakter secara mendetail dan juga dilengkapi dengan contoh-contoh yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Penyajian buku ini juga dirancang berdasarkan kebutuhan berbagai pihak dalam dunia pendidikan, sekaligus menjadi embun penyejuk bagi para guru, fasilitator dan kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter di sekolah.
            Kelemahannya, di dalam buku ini banyak ditemukan pengulangan kata sehingga membuat kalimat kurang efektif dan sukar di pahami. Buku ini juga belum menunjukkan cara cepat menerapkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah, karena masih menggunakan beberapa tahap dan berbagai pendekatan yang memerlukan waktu cukup lama. Namun, hal itu tidak mengurangi fungsi umum dari buku ini.
            Dengan membaca buku tentang pendidikan karakter ini tentunya sangat berguna bagi kita, khususnya bagi guru, orang tua, kepala sekolah dan penggiat pendidikan. Pembaca dapat mengetahui karakteristik siswa dengan baik karena buku ini juga dilengkapi dengan cara pendekatannya. Sehingga, memudahkan pembaca untuk mengetahui cara mengembangkan daya pikir dan cara mengenali berbagai karakteristik anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar