Kelas : PGMI 1-E
NIM : 2817133157
PROSES
PEMBENTUKAN KARAKTER
Judul
buku :Pendidikan
Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah
Penulis :
Agus Zaenul Fitri
Tahun terbit :
2012
Kota terbit :
Yogyakarta
Ukuran :
14,8 x 21 cm
Tebal buku : 192
halaman
Buku
yang berjudul “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah” karya Agus Zaenul Fitri
membahas tentang aspek pendidikan karakter mulai dari pengertian, fungsi, tujuan,
prinsip, model pendidikan, nilai dan etika.
Buku
ini sangat bermanfaat bagi guru, orang tua, kepala sekolah dan penggiat pendidikan
yang sedang berupaya untuk membangun karakter
anak bangsa melalui nilai dan etika yang dilakukan sejak pendidikan dasar.
Pendidikan
sekolah tidak mampu menghasilkan penerus bangsa seperti yang dicita-citakan pancasila.
Sekolah dan perguruan tinggi justru menghasilkan koruptor, penguasa otoriter, pejabat
yang tidak memikirkan rakyat, serta tokoh masyarakat yang tidak adil dan semena-mena.
Dalam
upaya menyelamatkan generasi penerus bangsa muncul konsep pendidikan karakter. Pendidikan
karakter ini tidak hanya bertugas mencerdaskan siswa secara akademik, tetapi juga
mendewasakan mental mereka. Selain itu, juga dirancang khusus untuk membentengi
siswa dari segala macam pengaruh buruk di luar sekolah. Pendidikan nilai dan etika
juga tidak kalah penting dalam upaya untuk membentuk karakter bangsa yang
bercirikan nasionalisme-religius.
Kelebihan
dalam buku “Pendidikan Karakter yang Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah” yaitu
membahas aspek pendidikan karakter secara mendetail dan juga dilengkapi dengan contoh-contoh
yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Penyajian buku ini juga dirancang berdasarkan
kebutuhan berbagai pihak dalam dunia pendidikan, sekaligus menjadi embun penyejuk bagi para guru,
fasilitator dan kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter di sekolah.
Kelemahannya,
di dalam buku ini banyak ditemukan pengulangan kata sehingga membuat kalimat kurang
efektif dan sukar di pahami. Buku ini juga belum menunjukkan cara cepat menerapkan
pendidikan karakter di lingkungan sekolah, karena masih menggunakan beberapa tahap
dan berbagai pendekatan yang memerlukan waktu cukup lama. Namun, hal itu tidak mengurangi
fungsi umum dari buku ini.
Dengan
membaca buku tentang pendidikan karakter ini tentunya sangat berguna bagi kita,
khususnya bagi guru, orang tua, kepala sekolah dan penggiat pendidikan. Pembaca
dapat mengetahui karakteristik siswa dengan baik karena buku ini juga dilengkapi
dengan cara pendekatannya. Sehingga, memudahkan pembaca untuk mengetahui cara mengembangkan
daya pikir dan cara mengenali berbagai karakteristik anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar