Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Buku Pendidikan Karakter ( Kajian Teori dan Praktik Sekolah)



NAMA      : SARI ASIH
KELAS     : PGMI 1 E
NIM           : 2817133176                           
                                               
                                                   Judul Buku  : Pendidikan Karakter ( Kajian Teori                                                                                         dan Praktik Sekolah)
                                                   Penulis          : Drs. Dharma Kesuma, M.Pd.
                                                                          Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd.
                                                                          Dr.H. Johar Permana, MA
                                                   Penerbit        : PT Remaja Rosdakarya Tahun 2011
                                                   Tebal Hal.     : 160  halaman
                                                   Harga            :  Rp 32.000,00
                                                                                                                                         


Buku “Pendidikan Karakter” ini ditulis atau disusun oleh Drs. Dharma Kesuma, M.Pd., Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd. dan Dr.H. Johar Permana, MA. Buku ini diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya. Penulis menyusun buku ini agar kajian mengenai teori dan praktik pendidikan berkarakter di Indonesia menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan disusunnya buku ini, secara tidak langsung penulis mengajak berbagai pihak untuk memahami dan menerapkan beberapa metode atau model pembelajaran pendidikan berkarakter untuk menunjang perkembangan pendidikan guna membangun generasi masa depan yang berkarakter mulia serta menyongsong Indonesia ke arah yang lebih baik.
Penulis membahas mengenai materi-materi “Pendidikan Karakter”, diantaranya mengenai pentingnya pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan  berbagai budaya, suku, adat istiadat serta bahasa daerahnya yang menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mempunyai ciri/karakter yang berbeda dengan bangsa yang lainnya. Oleh sebab itu, pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan pada jiwa bangsa Indonesia untuk membangun bangsa ini menjadi bangsa yang mempunyai karakter yang baik. Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang posistif kepada lingkungannya. Penulis juga mendefinisikan pendidikan karakter dalam lingkup sekolah yaitu pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan perilaku anak secara utuh yang didasarkan pada suatu nilai tertentu yang dirujuk oleh sekolah.
            Tujuan pendidikan karakter dalam lingkup sekolah yaitu menguatkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting dan perlu diantaranya jujur, kerja keras, tegas, sabar, ulet, disiplin, dan lain-lain sehingga menjadikan kepribadian peserta didik yang khas sebagaimana nilai-nilai yang dikembangkan, mengoreksi perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah, membangun koneksi yang harmonis dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama. Pemahaman mengenai teori belajar menjadi sangat penting dalam pendidikan karakter karena perilaku yang berkarakter itu terbangun melalui proses belajar bukan sesuatu yamg kebetulan. Pengalaman belajar anak dalam lingkup pendidikan karakter dilakukan dalam tiga tempat yaitu kelas, sekolah dan rumah.
            Terdapat dua bentuk model atau metode pembelajaran dalam menanamkan pendidikan berkarakter kepada anak yaitu pembelajaran substantif dan pembelajarn reflektif. Pembelajaran substantif adalah pembelajaran yang substansi materinya terkait langsung dengan suatu nilai. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara mengkaji suatu nilai yang dibahas, mengkaitkannya dengan kehidupan anak dan kehidupan manusia, baik di dunia atau  di akhirat. Berikutnya yaitu pembelajaran reflektif adalah pendidikan karakter yang terintegrasi/melekat pada semua bidang studi/mata pelajaran di semua jenjang dan jenis pendidikan. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara mengkaitkan materi yang dibahas dalam pembelajaran dengan makna yang melatar belakangi materi tersebut.
            Dalam buku ini terdapat beberapa kelebihan yaitu meluruskan atau membenarkan masalah atau asumsi yang salah yang ada di benak khalayak umum menjadi benar dan mudah dipahami. Deskripsi materi dibuat secara terperinci sehingga mudah untuk dipahami oleh semua pihak. Terdapat bagan/skema serta tabel untuk mengklasifikasikan materi tertentu, hubungan antar paragraf saling berkaitan.
Namun, di samping mempunyai kelebihan buku ini juga mempunyai kelemahan diantaranya terdapat istilah baru yang sulit dimengerti serta tidak terdapat penjelasannya. Tidak terdapat glosarium yaitu daftar kata-kata sulit beserta penjelasannya. Sistematika penulisan sebuah paragraf ada yang tidak benar serta terdapat tanda baca yang tidak pada tempatnya atau yang seharusnya ada tetapi malah tidak ada.
            Meskipun buku pendidikan karakter ini mempunyai kelemahan namun juga masih mempunyai kelebihan yang membuat buku ini cukup layak untuk beredar dan dibaca oleh khalayak umum. Oleh sebab itu, marilah kita membaca serta mamahami isi yang terdapat dalam buku secara lebih terperinci sehingga mempermudah pembaca menerapkan materi yang terdapat dalam buku ini. Kepada para penyusun atau penulis buku ini harus memperbaiki keadaan buku ini sehingga menjadi buku yang baik dan mempermudah para pembaca untuk memahami isi dari buku ini.
              
                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar