Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Buku Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa



Nama   : Prisiliyana Kartika Dewi
Kelas   : PGMI-1 E
NIM    : 2817133143
CCI27112013_0004.jpg

Judul               : Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar  Siswa
Penulis             : Acep Yonny
Penerbit           : PT Citra Aji Parama
Tebal halaman : 151 halaman
Ukuran buku   : 14.9 cm x 20.9 cm x 0.75 cm
Tahun terbit     : 2012
Jenis buku       : Pendidikan


Buku Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa diterbitkan pada tahun 2012 oleh PT Citra Aji Parama. Editor dari buku tersebut adalah M. Safrodin. Tujuan penulisannya adalah untuk membantu semua orang dalam membangkitkan semangat belajar agar tumbuh dan berkembang kesadaran siswa untuk belajar. Buku Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa ditulis oleh Acep Yonni karena merasa peduli terhadap guru dan orangtua dalam mengajak siswa belajar. Bukan hanya belajar tentang apa yang dipelajari, tetapi dengan cara apa mempelajari sesuatu dan bagaimana berlatih memecahkan masalah. Dengan demikian, tumbuhlah jiwa-jiwa pembelajar atas kesadaran dirinya sehingga kapan pun, dimana pun, dan apa pun yang mereka jumpai dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi.
Minat belajar siswa kadang mengalami pasang surut. Ada kalanya semangat itu datang menggebu-gebu. Akan tetapi, tak jarang siswa mengalami kehilangan semangat belajarnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi jasmani, emosi, motif, dan spiritual. Faktor eksternal meliputi lingkungan sosial yaitu keluarga, teman bermain,  dan masyarakat, sedangkan lingkungan non-sosial yaitu sarana dan prasarana belajar, stategi pembelajaran, dan kebijakan sekolah. Dari faktor-faktor itu kita dapat membangun semangat belajar dengan memberikan respon yang positif, berikanlah cerita-cerita yang inspiratif, buatlah slogan pemacu semangat, gambar berkesan, memberikan penghargaan, menginformasikan rencana pembelajaran, memberikan waktu rehat di tengah pembelajaran, menciptakan suasana pembelajaran yang baru, menjaga konsistensi antara perkataan dan perbuatan, mengajarkan cara memecahkan masalah dengan bijak, membuat kegiatan yang menyenangkan, dan membuat buku. Setelah mengetahui cara membangun semangat belajar, kita juga dapat menciptakan pembelajaran yang humanis dan menyenangkan melalui perbuatan ice breaking untuk menghilangkan kejenuhan,  menyebutkan prestasi siswa, membuat iklan tentang diri sendiri, melanjutkan karangan cerita secara berkelompok, mengangkat asisten guru, belajar dengan tutor sebaya, bermain peran, membuat turnamen atau perlombaan, karya wisata (field trip), observasi dan eksperimen, mengundang narasumber, membuat kampung, we care we share, silaturahmi, dan mendongeng atau bercerita.
            Kelebihan-kelebihan buku karya  Acep Yonny yaitu hubungan antara satu bagian dengan bagian lain saling berkaitan. Kerangka isi buku runtut, jelas dan harmonis. Pengembangan isi buku dijelaskan secara detail, dan dilengkapi contoh-contoh yang dapat diterapkan dalam pembelajaran serta foto-foto yang mendukung.
            Kekurangan dari buku karya Acep Yonny  adalah tata letak isi buku kurang menarik, sebab penataan terhadap gambar maupun contoh dari proses pembelajaran bersifat monoton.. Selain itu ada beberapa tulisan yang diketik secara berulang.
            Buku karya Acep Yonny ini perlu dibaca dan dipelajari bagi semua orang yang peduli terhadap pendidikan, khususnya orangtua dan guru. Di dalam buku Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa kita dapat mengetahui faktor-faktor yang menghambat semangat belajar siswa, strategi menumbuhkan semangat belajar, serta menciptakan pembelajaran yang humanis dan menyenangkan. Sehingga, kita dapat mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar