Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja



NAMA           : SAYLI NUR ROHMAH SA’ADAH
KELAS          : PGMI 1E
NIM                : 2817133177

Judul Buku      : Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
Penulis             : Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M.Pd
Penerbit           :PT Remaja Roadakarya
Tahun Terbit    :Oktober 2011
Halaman          : 220 hlm
ISBN               :979-692-000 X
           


Buku “PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA” yang di tulis oleh Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M.Pd merupakan suatu karya yang dapat dijadikan rujukan dalam memahami anak. Problema anak lahir dari ketidak-pahaman kita sebagai orang tua sering menjadi konflik antara anak dan orang tua.
Dalam buku ini penulis membahas tentang perkembangan anak, cara memahami perkembangan anak, fase perkembangan anak, mengerti setiap perkembangan anak dan perubahan yang terjadi pada anak. Penulis juga menjelaskan bahwa dibutuhkan peran orang tua serta guru sebagai pembimbing perkembangan anak. Perkembangan anak identik dengan rasa ingin tahu maka sebagai orang tua dan guru harus bisa memahami dan mengarahkan anak kepada yang lebih baik. Jangan karena kurangkasih sayang orang tua anak menjadi salah dalam bergaul dan mengakibatkan anak tersebut berperilaku menyimpang.
            Kelebihan dalam buku ini penulis menyampaikan materi yang benar-benar dibutuhkan oleh pembaca karena berisi tentang bagaimana cara mengerti dan memahami anak. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar agar mudah di fahami oleh pembaca, serta menjelaskan factor perilaku anak yang menyimpang seperti yang tertera pada halaman 212untukmemudahkan orang tua  mengerti dan memahami perubahan anak. Dalam buku ini juga diperkuat dengan diberi contoh dalam keadaan sehari-hari.
           

Kekurangan dalam buku ini yaitu penulis banyak menggunakan kata dalam bahasa latin sehingga sangat sulit difahami oleh kaum awam.Pengemasan kata yang kurang efektif menimbulkan kesan monoton serta sampul buku yang tidak berwarna cerah  kurang menarik minat pembaca.
Meskipun buku ini masih banyak kekurangan alangkah baiknya dibaca orang tua karena menjelaskan setiap perkembangan anak sehingga kita bisa memahaminya supaya tidak terjadi konflik antara anak dan orang tua. Dalam buku ini pembaca diajak untuk  menyadari dan  memahami bahwa peran orang tua dan guru sangatlah penting dalam proses perkembangan anak.Setiap perkembangan tanpa pengawasan orang tua sangat memungkinkan terjadi hal negatif yang sangat merugikan anak dimasa depan. Sebagai orang tua seharusnya kita mampu memeluk dan mengayomi agar anak dapat merasakan kebahagiaan yang sempurna dalam keluarga. Anak adalah harta yang paling berharga melebihi segala-galanya maka jagalah harta kita dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar