Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah


NAMA  : RISMA NUR FATWA
KELAS  : PGMI/1E
        NIM       :2817133162

Judul Buku                  : Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah
Penulis                        : Agus Zaenul Fitri
Penerbit                      : Ar-Ruzz Media
Tebal Halaman             : 192 halaman, 14,8 X 21 cm
Harga                         : -
 



Buku ini membahas aspek pendidikan karakter, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, model pendidikan nilai dan etika sampai dengan contoh implementasinya. Buku ini disusun berdasarkan hasil kajian mendalam dan pengembangan riset yang telah dilakukan oleh penulis. Dalam buku ini, khusus dipilih aspek-aspek yang telah diimplementasikan di beberapa sekolah yang menjadi obyek penelitian.
Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang  berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.
Untuk mewujudkan karakter-karakter itu tidaklah mudah. Karakter yang berarti mengukur hingga terbentuk pola itu memerlukan proses panjang melalui pendidikan.
Pendidikan karakter bertujuan membentuk, menanamkan, memfasilitasidan mengembangkan nilai-nilai positif pada anak sehingga menjadi pribadi yang unggul dan bermartabat.
Indikator keberhasilan program pendidikan karakter ada dua, pertama indikator sekolah dan kelas dan yang kedua indikator mata pelajaran.
Cara mengajarkan nilai dan etika di Sekolah Dasar adalah dengan cara menerapkan nilai moral meliputi keadilan, kejujuran, tanggung jawab, kedamaian, dan saling menghormati.
Tujuan pendidikan nilai dan etika adalah menangkis pengaruh nilai-nilai negatif atau yang cenderung mendorong nilai-nilai negatif dalam artian moral sebagai akibat arus globalisasi, memerangi kecenderungan meterialisme, konsumerisme, dan hedonisme, menanamkan pemahaman dan penghayatan nilai kemanusiaan dan ketuhanan karena kecenderungan materialisme, konsumerisme dan hidonisme.
Dalam penyajiannya, buku ini dirancang berdasarkan kebutuhan berbagai pihak dalam dunia pendidikan, terutama para guru, calon guru, dan kepala sekolah, serta dihadirkan dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter di sekolah. Selain itu buku ini bermanfaat bagi para praktisi pendidikan atau penggiat pendidikan yang sedang berupaya untuk membangun karakter anak bangsa melalui pananaman nilai dan etika yang dilakukan sejak pendidikan dasar (elementary school). Buku ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang mengambil kuliah jurusan pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal sebagai referensi dan bahkan kajian di perguruan tinggi.
Buku karya Agus Zaenul Fitri ini sebenarnya sudah cukup bagus, informasi yang cukup luas, serta dilengkapi pemikiran para tokoh-tokoh pendidikan yang membuat buku ini menjadi bahan rujukan yang patut untuk dibaca, namun dalam pembahasannya terdapat kosakata-kosakata asing yang mungkin tidak banyak orang bisa memahaminya.
Buku ini patut dibaca oleh para guru, calon guru, kepala sekolah, terlebih bagi mahasiswa yang sedang mengambil program studi kependidikan. Karena dalam buku ini banyak yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan mengenai prinsip, tujuan serta berbagai hal mengenai pendidikan karakter dan etika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar