Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Ilmu Pendidikan Islam



NAMA           : RISMA DIKA SETYAWATI
KELAS          : PGMI I-E
NIM                : 2817133161

Ilmu Pendidikan Islam
Judul               : Ilmu Pendidikan Islam
Penulis             : Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag
Penerbit           : Teras
Tahun Terbit    : 2011
Tebal Buku      : 174 halaman
Harga              : Rp. 29.750,00



Buku ini ditulis oleh Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag. Dalam buku ini penulis menjelaskan tentang pendidikan adalah proses penanaman sesuatu ke dalam diri manusia. Ada tiga hal unsur pokok pembentuk pendidikan yaitu: proses, kandungan, dan penerima. Sedangkan pendidikan Islam dalam pandangan yang sebenarnya adalah suatu sistem pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan ideologi Islam. Pendidikan Islam juga dilandaskan atas ideologi Islam, dengan harapan bahwa proses pendidikan yang dilakukan tidak bertentangan dengan nilai dasar ajaran islam.
Islam yang memiliki sifat universal dan kosmopolit dapat merambah ke ranah kehidupan apapun, termasuk dalam ranah pendidikan. Ketika Islam dijadikan sebagai paradigma ilmu pendidikan paling tidak berpijak pada tiga alasan. Pertama, ilmu pendidikan sebagai ilmu humaniora tergolong ilmu normatif, karena ia terkait oleh norma-norma tertentu. Pada taraf ini, nilai-nilai Islam sangat berkompeten untuk dijadikan norma dalam ilmu pendidikan. Kedua, dalam menganalisis masalah pendidikan, para ahli selama ini cenderung mengambil teori-teori dan falsafah pendidikan Barat. Falsafah pendidikan Barat lebih bercorak sekuler yang memisahkan berbagai dimensi kehidupan, sedangkan masyarakat Indonesia lebih bersifat religius. Atas dasar itu, nilai-nilai ideal Islam sangat memungkinkan untuk dijadikan acuan dalam mengkaji fenomena kependidikan. Ketiga, dengan menjadikan Islam sebagai paradigma, maka keberadan ilmu pendidikan memilih ruh yang dapat menggerakkan kehidupan spiritual dan kehidupan yang hakiki. Tanpa ruh ini berarti pendidikan telah kehilangan ideologinya. Dasar pendidikan Islam identik dengan dasar ajaran Islam itu sendiri. Keduanya berasal dari sumber yang sama yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Kemudian dasar tersebut dikembangkan dalam pemahaman para ulama’ dan sebagainya.
Buku ini membahas tentang ilmu pendidikan Islam yang disajikan dalam lima bab sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi dari buku ini. Penulis buku ini memasukkan berbagai analisis tentang pendidikan Islam, misalnya Syed Muhammad Al-Nuquib Al-Attas, Muhammad SA. Ibrahim, H.M. Arifin, dan lain lain. Setiap pembahasan dalam buku ini juga diperkuat dengan adanya dalil serta juga terdapat beberapa firman Allah.
Sangat disayangkan, dalam penulisan buku ini terdapat beberapa kesalahan dalam penulisannya. Terdapat juga istilah istilah tertentu yang sulit dipahami. Namun, disamping kekurangan pada buku ini penulis banyak memberikan pengetahuan kepada kita tentang apa itu pendidikan Islam.
Di balik kekurangan buku ini, kita mendapatkan sedikit pengetahuan tentang ilmu pendidikan islam. Disamping itu buku ini cocok bagi mahasiswa karena buku ini disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku serta kebutuhan materi yang akan dipelajari oleh mahasiswa sebagai kompetensi yang dipenuhi dalam matakuliah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar