Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Sosiologi Pendidikan


Nama   : Pungki Rifa’i Wicaksono
NIM    : 2817133144
Kelas   : PGMI I E

 
Judul Buku      :Sosiologi Pendidikan
Penulis             :Prof. Dr. S. Nasution, MA.
Penerbit           :PT Bumi Aksara
Tebal Halaman :160 halaman, 21 cm.
Harga                :Rp.30.000,-
           





Buku ini berjudul Sosiologi Pendidikan ditulis oleh Prof. Dr. S. Nasution dan diterbitkan oleh PT Bumi Aksara, di Jakarta pada tahun 2011.
Buku ini membahas tentang definisi dari Sosiologi Pendidikan lengkap dengan  pendapat para tokoh-tokoh barat. Tidak hanya itu, dalam buku ini juga membahas yang terkait didalam Sosiologi Pendidikan yang meliputi, sosiologi dalam masyarakat dan juga sosiologi dalam pendidikan, yang mencakup dari kepribadian guru sampai pada  peranan guru terhadap murid serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran  murid.
            Dari bentuknya buku ini dibuat dengan bentuk yang lumayan praktis, sehingga dengan mudahnya pembaca untuk membawa kemana saja, lebih-lebih saat suasana santai. Kemudian tampilan covernya juga sangat menarik, dengan warna cerah yang dapat memikat orang-orang yang ingin membacanya.
            Isi dari buku ini cukup lengkap, meski bentuknya lumayan praktis tapi tidak mengurangi dari isi setiap pembahasan dalam buku ini, dan pembahasan dalam buku ini juga mudah untuk difahami karena  penggunaan bahasnya yang tidak jauh dengan bahasa yang dpergunakan saat ini.
            Buku ini memiliki kekurangan yaitu dari segi pembahasan yang banyak menggunakan pendapat dari tokoh-tokoh barat, bahasanya tidak berpengaruh hanya saja perlu menyimpulkan beberapa pendapat ketika ingin mengetahui sebuah pembahasan.
Buku ini mengajak pembaca untuk memandang lebih jauh dan lebih luas tentang pendidikan, seperti guru untuk lebih meningkatkan kreatifitasnya dan juga siswa untuk memandang lebih luas tentang apa yang dilakukanya kelak.

1 komentar:

  1. Menurut saya saat anda memberikan critical review, serta kan pula sumber nya pula, berikan foot note nya

    BalasHapus