Rabu, 04 Desember 2013

Resensi Buku Sosiologi Pendidikan

­­­
Nama            :   Ririn Selfiana
Kelas            :   PGMI 1-E 
NIM              :   2817133158

Resensi Buku


Judul Buku              :  Sosiologi Pendidikan
Penulis Buku           :  Prof.Dr.S.Nasution,MA.
Penerbit Buku         :   PT Bumi Aksara
Tahun Diterbitkan   :  2011
Tebal buku               : 165
Harga Buku             :  -






Buku Sosiologi Pendidikan ini ditulis oleh Prof.Dr.S.Nasution, MA. Diterbitkan oleh Bumi Aksara Kota Jakarta. Di dalam buku sosiololgi pendidikan ini, penulis buku mengajak para pembaca memahami tentang sosiologi pendidikan.
     Yang dimaksud dengan sosiologi pendidikan menurut para ahli pendidikan dan ahli sosiologi telah berusaha untuk memberikan definisi sosiologi pendidikan, namun definisi-definisi itu kebanyakan tidak terpakai oleh orang lapangan. Kesukaran untuk memperoleh definisi yang mantap tentang sosiologi pendidikan disebabkan oleh sukanya membatasi bidang studi, kurangnya penelitian dalam bidang ini, dan belum nyatanya sumbangananya kepada pendidikan umumnya dan pendidikan guru khususnya. Kuliah yang diberikan dalam sosiologi pendidikan banyak merupakan campuran bahan dari pendidikan dan sosiologi. Masih dihadapi kesulitan dalam membangun suatu disiplin baru yang disebut sosiologi pendidikan. Sosiologi pendidikan di Amerika Serikat diberikan pada tahun 1907. Pada tahun 1914 mata kuliah itu telah disajikan pada 16 lembaga pendidikan tinggi. Demikian pula halnya dengan buku-buku sosiologi pendidikan yang digunakan dalam berbagai lembaga pendidikan guru .
Kelebihan dari buku ini adalah dari segi fisik sampul cukup menarik warnanya, jenis kertas, segi tulisan termasuk baik dan menarik sehinnga para pembaca tidak merasa bosan dalam membacanya.
Kelemahan buku ini adalah tidak ada catatan kakinya tidak ada gambar pembelajarannya, bahasa sulit dipahami, dan banyak kata sulit sehingga pembaca sulit untuk memahaminya.   
    Buku sosiologi pendidikan ini bagus untuk dibaca oleh semua kalangan karena buku ini banyak menjelaskan tentang sosiologi pendidikan, tujuannya, faktor-faktor dalam sosiologi pendidikan, dll. Sehingga pembaca akan mendapatkan banya ilmu pengetahuan tentang buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar