Rabu, 04 Desember 2013

Resensi Buku Format Paud

NAMA   : RENI KUSUMAWATI
NIM        : 2817133149
PRODI   : PGMI 1 E
RESENSI BUKU

scaningg.jpgJudul               : FORMAT PAUD
Penulis              : Novan Ardy Wiyani & Barnawi
Penerbit            : AR-RUZZ MEDIA
Tebal Halaman : 220
Tahun Terbit     : Cetakan I, 2012
Harga               : Rp. 28.000,-




Buku ini membahas tentang anak usia dini, yaitu antara umur 0 hingga 6 tahun yang merupakan masa keemasan. Dimana pada usia ini sangatlah mudah untuk menyerap dan menerima berbagai informasi untuk belajar. Orang tua harus benar-benar memanfaatkan kesempatan itu untuk memberikan kasih sayang kepada anak.
Novan Ardy Wiyani dan Barnawi adalah pengarang buku yang berjudul “FORMAT PAUD (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini). Didalamnya berisi berbagai BAB dan Sub BAB yang mana menjelaskan berbagai pendidikan anak usia dini. Yang mana dijelaskan bahwa lingkungan keluarga dan lembaga sosial, serta lembaga pendidikan lain sangatlah mempengaruhi proses belajar anak paud. Pengalaman sosial dan kulturan akan menjadi pengisi perspektif kehidupan anak dalam berbagai aspek potensi perkembangannya yang mencakup cara berbahasa, cara berfikir dalam kehidupan beragama dan bermoral, kebiasaan mengendalikan emosi, dan kemandirian anak. Pada dimensi yang luas, kehidupan sosial anak dibangun juga oleh kehadiran berbagai media masa, terutama TV, video game, dan film yang dapat mempengaruhi perkembangan anak.
Buku dari Novan Ardy Wiyani & Barnawi ini juga menjelaskan pelaksanaan pendidikan anak usia dini dengan prinsip-prinsip berorientasi pada kebutuhan anak, belajar melalui bermain, menggunakan lingkungan yang kondusif, melakukan pembelajaran terpadu, serta menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar. Tujuan dari pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyelesaikan diri dengan lingkungannya kelak.
Buku ini juga dapat menginspirasi pembacanya untuk dijadikan acuan bagi pemerintah, guru, orang tua dan siapapun yang peduli dengan pendidikan.
Dari segi percetakannya masih ada banyak kata-kata yang salah cetak. Dan juga kalimatnya banyak yang rancu sehingga sangat sulit untuk dimengerti.

Terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada, buku ini tetap memiliki karakteristik tersendiri dan merupakan sumber informasi yang lengkap dan dapat memberi manfaat bagi pembacanya. Jadi tidak ada ruginya, kita membaca dan membeli buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar