Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Buku Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja



Nama    : Muhammad Alfin Fachruddin
Kelas    : PGMI 1 E
Nim       : 2817133215


            Judul buku       : Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
Penulis             : Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M.Pd. 
Penerbit           : PT REMAJA ROSDAKARYA 
Tebal               : 220 halaman
Harga               : -






Buku ini membahas tentang “Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja”. Psikologi perkembangan adalah salah satu bidang psikologi yang memfokuskan kajian atau pembahasanya mengenai perubahan tingkah laku dan proses perkembangan dari masa konsepsi sampai mati. Perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya yang bergabung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut jasmaniah maupun rohaniah.
Fase perkembangan dapat diartikan sebagai penahapan atau pembabakan rentang perjalanan kehidupan individu yang diwarnai ciri-ciri khusus atau pola-pola tingkah laku tertentu. Setiap individu akan mengalami fase perkembanganya itu: bayi, kanak-kanak, anak remaja, dewasa, dan masa tua.
Tahap perkembangan pada usia 0,0 sampai 2,0 tahun, pada masa ini, individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam duniannya. Pada tahap usia antara  6 atau 7 tahun, biasanya anak telah matang untuk memasuki sekolah dasar. Pada masa keserasian bersekolah ini secara relatif, anak-anak lebih mudah dididik dari masa sebelumnya dan sesudahnya.
             Pada masa usia sekolah menengah bertepatan dengan masa remaja. Masa remaja merupakan masa yang banyak menarik perhatian karena sifat-sifat khasnya dan peranan menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakat orang dewasa. Pada masa pra remaja ditandai oleh sifat-sifat negative dengan gejala seperti tidak tenang, kurang suka bekerja, pemistik dan sebagainya. Pada masa remaja mulai tumbuh dalam diri remaja dorongan untuk hidup, kebutuhan akan adanya teman yang dapat memahami dan menolongnya. Pada masa ini, sebagai masa mencari sesuatu yang dapat dipandang bernilai, pantas dijunjung tinggi dan dipuju-puja. Pada masa remaja akhir perkembangan masa remajanya menemukan pendirian hidup dan masuk lahir divide ke dalam masa dewasa.
            Pada buku “Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja” ini kalimatnya mudah untuk dipahami dan dapat memberikan informasi kepada para pembaca mengenai tahap perkembangan individu. Pada buku psikologi perkembangan ini penjelasanya masih kurang terdapat unsur-unsur pendukung, misalnya tidak ada glosarium, kurang efisien dan kalimatnya masih panjang lebar.
            Di sisi lain buku “Psikologi Perkembangan Anak dan remaja” ini memiliki pokok bahasan yang menarik, untuk itulah bagi anda para pembaca untuk mempelajari tentang psikologi perkembangan dan dapat menambah wawasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar