Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Pengantar Studi Islam


NAMA           : QORI’ATUL A’YUNI
KELAS          : PGMI 1E
NIM                : 2817133147


Add caption
JUDUL BUKU         : PENGANTAR STUDI ISLAM
PENULIS                  : NGAINUN NAIM
PENERBIT               : TERAS
HALAMAN               : 253 HALAMAN
HARGA                     : Rp. 35.000





Buku ini adalah salah satu buku yang menjelaskan tentang Metodologi Studi Islam yang beda dari yang lain. Karena, buku yang berjudul ”Pengantar Studi Islam” masih jarang ditulis pada saat cetakan buku ini. Karena yang lebih banyak ditulis dan beredar adalah buku yang berjudul “Metodologi Studi Islam” tetapi hal ini dapat dimaklumi mengingat PSI sesungguhnya merupakan revisi dari MSI. Dan buku ini adalah buku matakuliah yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dalam memahami aspek-aspek ajaran Islam secara mendasar. Dengan memahami matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman Islam secara lebih utuh, komprehensif dan inklusif.
Pengertian Studi Islam adalah salah satu langkah yang  lebih baiknya diperhatikan dalam studi bidang apapun untuk memahami tentang apa yang  dipelajari. Pemahaman ini penting artinya sebagai kerangka acuan, orientasi,  dan penentuan langkah strategis. Rasanya mustahil seseorang akan mencapai hasil studi yang maksimal jika ia sendiri tidak paham terhadap apa  yang dilakukannya. Selain itu, kata Studi Islam sendiri merupakan gabungan dari dua kata,  yaitu kata Studi dan kata Islam. Kata  Studi diartikan sebagai mempelajari sesuatu untuk mengerti kedudukan masalahnya, mencari pengetahuan tentang sesuatunya di dalam hubungan sebab dan akibatnya, ditinjau dari jurusan yang tertentu, dan dengan metode yang  tertentu pula.
Sejarah awal Studi Islam berlangsung secara praktek sesungguhnya sudah berlangsung semenjak awal pertumbuhan Islam, yakni pada masahidup Nabi Muhammad Saw. Studi Islam sebagai sebuah praktek pada masa Nabi tersebut berlangsung dalam berbagai bentuk. Seperti, ada yang bentuk khutbah, dalam bentuk dialog, maupun bentuk dalam forum-forum diskusi. Sumber agama Islam salah satunya yaitu Al-Qur’an, Al-Qur’an merupakan mashdar dari kata qa-ra-a, yang berarti ”bacaan”, dan “apa yang tertulis padanya”. Pada bagian epistemologi merupakan pembahasan filsafat. Yang secara garis besar filsafat terbagi menjadi tiga, yaitu epistemologi, ontologi, danaksiologi. Yang  disebut dengan ontologi adalah cabang filsafat yang membahas tentang hakikat segala sesuatu. Dan aksiology adalah cabang filsafat yang membahas tentang nilai.
Kelebihan dalam buku ini adalah ketika sipembaca mulai hanyut dan memahami apa yang  dibicarakan di dalam buku ini. Mulai dari bahasa yang mudah dipahami, font tulisan yang cukup agar mudah di baca serta kertas yang bagus ikut serta dalam mempengaruhi nilai bobot buku tersebut. Si penulis juga menjelaskan dan menyebutkan keterengan-keterangan dari Al-Qur’an agar lebih kuatnya bukti yang sudah ia jelaskan dalam buku tersebut. Selain itu, sipenulis juga memberikan keterangan dari mana dia mengambil atau mengutip setiap kata atau kalimat yang ia ketik pada buku ini. Jadi, itu juga dapat membantu para pembaca yang ingin membenarkan atau mencari tahu benar atau tidak isi kutipan tersebut.
Selain memiliki kelebihan buku ini juga masih mempunyai kekurangan dalam menjelaskan tentang Studi Islam ini.  Dalam arti keterangan atau penjelasan belum semua ditulis dan disebutkan dalam buku ini. Pada bagian-bagian yang tertentu ada kata atau ketikan  yang kurang jelas dan sama sehingga sulit untuk di baca.
Tetapi, meskipun buku ini mempunyai kekurangan mungkin tidak semua orang  menilainya sama antara kelebihan dan kekurangan buku ini. Maka,  lebih baiknya untuk semua kalangan baik tua atau muda khususnya para mahasiswa yang memiliki mata kuliah  “Metodologi Studi Islam” atau “Pengantar Studi Islam” tidak ada salahnya untuk membaca buku ini agar tahu antara buku ini dan buku yang lain. Karena,  tidak dirasa buku ini juga merupakan buku terbaik dari  buku-buku yang terbaik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar