Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Menjadi Guru Profesional



NAMA            : Rudi kurniawan
PRODI            : PGMI-1E
NIM                : 21817133171

JUDUL BUKU          : Menjadi Guru Profesional

PENULIS                   : Drs.Moh.Uzer Usman

PENERBIT                 : PT.Remaja Rosdakarya

TAHUN TERBIT       : 2011

TEBAL BUKU          : 153 halaman

HARGA                     : RP.35000
ISBN                           : 979-514-003-5
Buku dengan judulMenjadi Guru Profesional saya resensi ini, tulis oleh Drs. Uzer Usman. Merupakan edisi kedua yang dicetak oleh PT. Remaja Rosdakarya pada tahun 2011. Buku ini membahas tentang bagaimana menjadi seorang guru yang professional. Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan, itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan selalu bermuara pada  faktor guru. Halinilah yang melatar belakangi penulisan buku ini.
Guru adalah figur sentral dalam dunia pendidikan, khusunya saat terjalinnya proses interaksi belajar-mengajar. Oleh karenanya guru harus memiliki karakteristik kepribadian yang ideal sesuai dengan persyaratan yang bersifat psikologis-pedagogis.
Konon, pada zaman dulu posisi guru disejajarkan dengan para priyayi yang selalu duduk dideretan utama dalam berbagai upacara.Dari media masa diketahui bahwa pemberitaan tentang guru memang kerap dipublikasikan. Hanya saja pandangan khalayak luas tentang guru dewasa ini cenderung negatif, Karena pemberitaan itu diselimuti awan kelabu. Banyak yang menuding bahkan kadang-kadang cenderung mencemoohkan tatkala kualitas murid-muridnya kurang memuaskan tuntutan masyarakat. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya itu, guru adalah kunci sukses terwujudnya kualitas sumber daya manusia yang tinggi, beriman, dan bertakwa.
Dengan kriteria-kriteria tertentu anda dapat mengukur diri anda sendiri dan untuk salingmengamati sesama rekan seprofesi anda atau calon guru, apakah sudah mencapai tingkat professional? itulah yang membuat buku ini sangat penting bagi calon guru maupun yang menganggap dirinya guru professional.
Dalam bukuMenjadi Guru Profesional Drs. Moh. Uzer Usman memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru yang professional. Pada bagian yang lain beliau pun menguraikan tentang program pendidikan dasar 9 tahun. Kepraktisan penyajiannya yang menonjol terutama pada uraian pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan, inilah yang membuat buku ini menjadi menarik untuk di baca. Namun dari sisi lain masih ada beberapa kekurangan, misalnya saja tampilan cover yang kurang menarik,tidak adanya glosarium serta tidak ditampilkan nya biografi penulis.
 Bagi anda seorang guru atau calon guru yang professional, dianjurkan untuk membaca buku ini. Karna di dalam buku ini dituliskan bagaimanacara menjadi sesorang tenaga pengajar yang benar-benarprofessional.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar