Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak


Nama : Ruli Novita Sari
NIM : 2817133172
PRODI : PGMI I E


Judul Buku                  :Membentuk Kecerdasan
                                 Spiritual Anak
 Penulis                        :Wahyudi Siswanto
 Penerbit                      :Amzah
 Jumlah Halaman         :106 halaman
 Harga Buku                :Rp. 26.900,00
 Tahun Terbit               :2010

           Buku yang berjudul Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak ini merupakan buku cetakan pertama yang ditulis oleh Wahyudi Siswanto dan diterbitkan oleh Amzah tahun 2010.
            Di buku ini dijelaskan hasil penelitian para ahli, orang-orang yang mempunyai nilai tinggi, yang berhasil dalam jabatan, kaya atau yang mempunyai kedudukan tinggi ternyata tidak bahagia. Orang yang yang berhasil justru ditunjukan oleh orang-orang yang mempunyai kecerdasan spiritual. Secara terminologi, kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan pokok yang dengannya dapat memecahkan masalah-masalah makna dan nilai. Menempatkan tindakan atau suatu jalan hidup dalam konteks yang lebih luas, kaya dan bermakna. Kecerdasan spiritual lebih merupakan sebuah konsep yang berhubungan dengan bagaimana seseorang cerdas dalam mengelola dan mendayagunakan makna-makna, nilai-nilai, dan kualitas-kualitas kehidupan spiritualnya. Dalam buku ini kecerdasan spiritual seseorang di artikan sebagai kemampuan seseorang yang memiliki kecakapan transenden. Kesadaran yang tinggi untuk menjalani kehidupan, menggunakan sumber-sumber spiritual untuk memecahkan permasalahan hidup dan berbudi luhur. Pendidikan spiritual yang bisa di kembangkan pada diri anak balita adalah pedidikan pengembangan kecerdasan spiritual dalam berbagai hubungan. Pendidikan ini mendidik anak dalam berhubungan dengan orang lain, dan berhubungan dengan alam.
            Kelebihan di dalam buku ini kata-kata dan alur ceritanya mudah dipahami, meski alur maju mundur. Mengajarkan orang tua agar mengerti, memahami, memilih, memilah, menyimpulkan, menilai dalam membentuk kecerdasan anak. Sebuah bacaan menarik yang sangat inspiratif.
            Tapi di dalam buku ini selain ada kelebihan juga masih terdapat kekurangan. Kekurangan di dalam buku ini yaitu terlalu tipis halaman dan pembahasan nya sedikiti membosan kan karena intinya sama saja.
            Buku ini pantas dibaca untuk siapa saja, terutama untuk kaum wanita. Sesuai konsepnya yang inspirasional, buku ini memberikan banyak inspirasi dan pesan yang dapat mengalir hingga ke lubuk hati dan pikiran. Sebuah buku yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar