Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila untuk Mahasiswa



Nama : Qowi  Rosyidah
NIM   : 2817133148
Prodi  : PGMI-1E

Judul Buku  :  Paradigma Baru Pendidikan Pancasila untuk Mahasiswa 
Penulis         :  Prof.Dr.H.Tukiran Taniredja,M.M.
                       Muhammad Affandi,M.Pd.
                        Efi  Miftah Faridli,M.Pd.
Penerbit        : CV. ALFABETA
Tebal Hal     : 184 halaman
Harga           : Rp 35.000,00




Buku Pendidikan Pancasila ini disusun berdasarkan keputusan Direktur Jedral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republic Indonesia Nomor: 38/DIKTI/Kep/2002 Tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Matakuliah Pengembangan Kepribadian, yang tujuannya pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dan memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancaila, Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi dunia besar lainnya. Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan, sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Materi yang terkandung dalam buku ini antara lain: Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila; Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia; Pancasila sebagai Sistem Filsafat; Pancasila sebagai Etika Politik; Pancasila sebagai Ideologi Nasional; Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara
Buku ini merupakan buku yang penulis-penulisnya dosen matakuliah pendidikan pancasila, jadi materi yang disampaikan dibuku ini sangat aktual dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, susunan buku dibuat sistematis agar dapat mempermudah mahasiswa untuk memahaminya . Selain itu buku ini juga berisi motivasi untuk membangun jiwa pancasila. Di dalam buku ini juga terdapat glosarium yang dapat membantu ketika kita sulit memahami kata-kata.
Segala sesuatu tidak ada yang sempurna, pasti sedikit atau banyak memiliki kekurangan, begitu pula dengan buku ini. Buku ini dalam menjelaskan materi-materinya hanya diambil garis besarnya saja, jadi pembaca kurang begitu memahami secara detail materi yang disampaikan. Selain itu dalam penulisan buku ini juga terdapat beberapa ejaan yang kurang benar.
Meskipun buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila untuk Mahasiswa memiliki kelemahan namun kelemahan itu masih bisa diperbaiki. Selain itu kelemahannya juga tidak seberapa jika dibandingkan dengan kelebihan buku. Marilah kita sebagai mahasiswa indonesia membaca serta memahami isi yang terkandung dalam buku ini, karena buku ini mudah untuk dipelajari, dan menunjang sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tumbuh pada diri kita.
                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar