Nama : Qowi Rosyidah
NIM : 2817133148
Prodi : PGMI-1E
Judul
Buku : Paradigma Baru Pendidikan
Pancasila untuk Mahasiswa
Penulis
:
Prof.Dr.H.Tukiran Taniredja,M.M.
Muhammad Affandi,M.Pd.
Efi Miftah Faridli,M.Pd.
Penerbit : CV. ALFABETA
Tebal Hal
: 184 halaman
Harga
: Rp 35.000,00
Buku
Pendidikan Pancasila ini disusun berdasarkan keputusan Direktur Jedral
Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republic Indonesia Nomor:
38/DIKTI/Kep/2002 Tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Matakuliah Pengembangan
Kepribadian, yang tujuannya pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat memiliki
pengetahuan dan memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancaila, Pancasila
sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi dunia besar
lainnya. Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan kemasyarakatan
kebangsaan dan kenegaraan, sehingga memperluas cakrawala pemikirannya,
menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai
yang terkandung dalam Pancasila.
Materi
yang terkandung dalam buku ini antara lain: Landasan dan Tujuan Pendidikan
Pancasila; Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia;
Pancasila sebagai Sistem Filsafat; Pancasila sebagai Etika Politik; Pancasila sebagai
Ideologi Nasional; Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia
Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara
Buku
ini merupakan buku yang penulis-penulisnya dosen matakuliah pendidikan
pancasila, jadi materi yang disampaikan dibuku ini sangat aktual dengan
nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, susunan buku dibuat sistematis
agar dapat mempermudah mahasiswa untuk memahaminya . Selain itu buku ini juga
berisi motivasi untuk membangun jiwa pancasila. Di dalam buku ini juga terdapat
glosarium yang dapat membantu ketika kita sulit memahami kata-kata.
Segala
sesuatu tidak ada yang sempurna, pasti sedikit atau banyak memiliki kekurangan,
begitu pula dengan buku ini. Buku ini dalam menjelaskan materi-materinya hanya
diambil garis besarnya saja, jadi pembaca kurang begitu memahami secara detail
materi yang disampaikan. Selain itu dalam penulisan buku ini juga terdapat
beberapa ejaan yang kurang benar.
Meskipun
buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila untuk Mahasiswa memiliki kelemahan
namun kelemahan itu masih bisa diperbaiki. Selain itu kelemahannya juga tidak
seberapa jika dibandingkan dengan kelebihan buku. Marilah kita sebagai
mahasiswa indonesia membaca serta memahami isi yang terkandung dalam buku ini,
karena buku ini mudah untuk dipelajari, dan menunjang sikap demokratis dalam
mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tumbuh pada diri
kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar