Senin, 30 Desember 2013

Resensi Buku Proses Belajar Mengajar

NAMA                  : LINA FAUZIAH J.
 PRODI                  : PGMI 1E
NIM                       : 2817133217

Judul buku          : Proses Belajar Mengajar
Penulis                 : DRS. J.J.d HASIBUAN, Dip. Ed. &                                DRS. MOEDJIONO 
Penerbit              : PT REMAJA ROSDAKARYA
Cetakan               : Oktober 2012
Tebal buku          : 96 halaman
Harga                    : 20.000


               

                Menurut  Prof. Dr. Nugroho Notosusanto Alm. Ketika beliau menjabat  sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, hanya ada dua macam jabatan di dunia ini, yaitu jabatan guru dan jabatan non guru. Mengapa? Salah satu identitas jabatan guru yang membedakannya dengan jabatan non guru ialah mengajar. Mengajar adalah suatu perbuatan yang kompleks (a highly complexion process). Disebut kompleks karena  dituntut daripadanya kemampuan personal, profesional, dan sosial-kultural secara terpadu dalam proses belajar-mengajar. Mengajar juga dituntut integrasi penguasaan materi dan metode, teori dan praktek dalam  interaksi siswa. Selain itu dapat dikatakan kompleks karena mengandung unsur-unsur seni, ilmu, teknologi, pilihan nilai, dan ketrampilan dalam proses belajar mengajar. Buku proses belajar- mengajar ini terdiri atas dua bagian, yaitu “Strategi Belajar-Mengajar” dan “Analisis Model Mengajar dan Pengajaran Mikro”, yang akan menjelaskan secara sistematis dan terpadu acuan berpikir tersebut di atas. Dengan buku tersebut diharapkan dapat membantu para tenaga kependidikan umumnya dan tenaga pendidikan-pengajaran khususnya dalam pengabdian melaksanakan tugas sehari-hari  melalui serbaneka perangkat kegiatan belajar dengan tujuan mengangkat martabat siswa sesuai dengan keberadaannya masing-masing.
                Buku “Proses Belajar-Mengajar” sangat menarik dan cocok untuk seorang guru maupun para pengajar yang ingin menyegarkan kembali atau meningkatkan mutu keterampilan dalam menunaikan profesinya. Buku ini disusun secara ringkas tetapi  detail dan luas isinya. Sehingga tidak membuat bosan pembaca
                Buku “Proses Belajar-Mengajar” ini disusun dengan baik dan hampir tidak memiliki kekurangan. Hanya ada sebagian kata saja dan  istilah-istilah yang kurang jelas maksudnya. Meskipun begitu, buku ini banyak memberikan manfaat. Jadi tidak akan rugi bila kita berkenan untuk membacanya. Terutama  seorang guru maupun para pengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar