Jumat, 06 Desember 2013

Resensi buku Sosiologi Pendidikan



Nama   : Salis Hidayati
Prodi   : PGMI/1-E
NIM    : 2817133175

Judul Buku                  : Sosiologi Pendidikan
Penulis                        : Muhammad Rifa’i
Penerbit                      : Ar-Ruzz Media
Jumlah Halaman          : 260 halaman
Harga Buku                 : -
Ukuran                       : 14,8 x 21 cm
Tahun Terbit                : 2011



Buku yang berjudul Sosiologi Pendidikan ini merupakan buku cetakan yang pertama yang ditulis oleh Muhammad Rifa’i dan diterbitkan oleh Ar-Ruzz Media tahun 2011 di Jln Anggrek 126 Sambilegi, Mangowoharjo, Depok, Sleman, Jogjakarta 55282
Sosiologi Pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis. Kajian sosiologi ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sosiologi umum dan sosiologi khusus. Sosiologi umum menyelidiki gejala sosio-kultural secara umum. Sedangkan, sosiologi khusus merupakan pengkhususan sosiologi umum. Sosiologi khusus berfungsi menyelidiki suatu aspek kehidupan sosio-kultural secara mendalam. Salah satu contoh khusus ini adalah sosiologi pendidikan. Sosiologi pendidikan bertujuan menganalisis proses sosialisasi anak, baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Juga pengaruh lingkungan dan kebudayaan masyarakat terhadap perkembangan pribadi anak. Sosiologi pendidikan tidak hanya bersasaran khusus kepada lembaga-lembaga atau medan pendidikan yang formal, tetapi harus meliputi lembaga-lembaga yang lain misalnya keluarga, kelompok permainan, lembaga-lembaga agama, dan lembaga-lembaga lain.
Dari segi fisik buku, (seperti jenis kertas, segi tulisan, cover buku) di sajikan dengan sangat  menarik, sehingga menggugah minat para pembaca untuk membacanya.
Dalam segi isi, buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, sederhana, dan lugas, serta mudah di pahami oleh pembaca dari kalangan manapun. Dalam membahas suatu topik, permasalahan di jelaskan satu persatu dengan menggunakan poin-poin secara detail sehingga pembaca lebih mudah untuk memahaminya.
Buku yang berjudul Sosiologi Pendidikan ini terdapat istilah yang tidak di jelaskan maknanya sehingga pembaca kurang memahami maksudnya.
Buku ini sangat baik untuk dibaca oleh kaum pendidik, peneliti, mahasiswa, dan para pemangku kebijakan pendidikan nasional di tanah air karena secara mekanis buku ini memaparkan suatu aspek kehidupan sosio-kultural secara mendalam. Buku ini juga mempelajari kajian sosiologi pendidikan yang dapat merubah kehidupan masyarakat dalam waktu yang singkat secara progresif, dan kerap memajukan gejala disintegratif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar