Nama :
Rofiatun Nafiah
Nim :
2817133169
Prodi : PGMI
1E
Judul buku : Teknologi Pembelajaran
Penulis :
Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si
Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA
Tahun
terbit : 2011
Tebal halaman :
221 halaman
Harga : -
Buku Teknologi Pembelajaran yang ditulis oleh
Dr.Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si, diterbitkan oleh PT REMAJA ROSDAKARYA Kota
Bandung Jln. Ibu Inggit Garnasih No.40.
Di buku Teknologi Pembelajaran ini,
penulis mengajak para pembaca memaknai hakikat
multimedia mengenai TIK dalam pembangunan dunia pendidikan.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi merupakan bagian dari IPTEK yang secara umum adalah
teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan,
dan penyajian informasi. Perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan manusia, misalnya
pada bidang pendidikan, banyak para guru, dosen, tutor, maupun instruktur yang
menggunakan teknologi komputer untuk mendukung pembelajarannya melalui berbagai
model komunikasi. Media pembelajaran komputer dapat dimanfaatkan untuk
kepentingan pembelajaran jarak jauh serta memberikan kecepatan transformasi
ilmu pengetahuan kepada peserta didik dan generasi bangsa secara lebih luas.
Penggunaan
komputer multimedia merupakan salah satu pemanfaatan media komunikasi komputer
yang dapat membantu aktivitas belajar siswa yang lebih siap daripada
sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa media komputer mampu membangkitkan
komunikasi interaktif. Pembelajaran interaktif mampu membuat siswa untuk
belajar dengan motivasi tinggi karena keterkaitannya pada sistem multimedia
yang mampu menyuguhkan tampilan teks, gambar, video, suara, dan animasi.
Pembelajaran
berbasis komputer dikenal beberapa model pembelajaran yaitu model drill, tutorial, simulasi dan games.
Metode drill merupakan strategi
pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret
melalui penyediaan latihan soal yang bertujuan untuk menguji penampilan siswa
melalui kecepatan menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan program. Program
CAI model tutorial merupakan program
pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak beberapa program komputer yang
berisi materi pelajaran. Tahapan pembelajaran model tutorial diantaranya, penyajian informasi, pertanyaan dan respon, penilaian
respon, pemberian timbal balik respon, pengulangan dan segmen pengaturan
pelajaran. Pembelajaran metode simulasi merupakan strategi pembelajaran yang
bertujuan memberikan pengalaman belajar lebih konkret melalui penciptaan
tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya. Tahapan
model simulasi ini antara lain,
pengenalan, penyajian informasi, dan penutup. Program CAI model games merupakan
program pembelajaran yang lebih menekankan pada penyajian bentuk-bentuk permainan
dengan muatan bahan pelajaran didalamnya. Permainan yang didesain menunjukkan
kategori belajar melatih kecerdasan visual, kinestetik, dan auditif. Adapun tahapan
pembelajaran model games yaitu penyajian informasi, permainan pembelajaran, penilaian
respon, pemberian balikan respon, pengulangan, melihat nilai. Dalam model ini
permainan terbagi menjadi dua, permainan virtual online maupun offline. Bentuk permainan dalam pembelajaran games
antara lain berupa sajian permasalahan, mencocokkan, mencari pasangan, membentuk
sebuah bangun atau objek tertentu bahkan dapat berupa pencarian jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan.
Kelebihan dari
buku ini ialah penulis dalam memaparkan materinya disertai dengan gambar yang
dapat mempermudah para pembaca untuk melakukan praktikum maupun memahami isi dari buku tersebut, dan buku ini
layak untuk dijadikan referensi bagi dosen mata kuliah teknologi pembelajaran.
Selain itu buku ini sangat sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran di
kalangan mahasiswa.
Kelemahan dari
buku ini yaitu buku ini dalam pemaparannya banyak menggunakan bahasa asing (bahasa
inggris) sehingga membuat sebagian orang yang tidak mengerti bahasa inggris
kesulitan untuk memahaminya. Dan membuat para pembaca enggan untuk membaca
serta mempelajari buku tersebut.
Buku Teknologi Pembelajaran ini layak untuk
dibaca, dibeli maupun dimiliki oleh setiap orang, baik itu dari kalangan guru,
mahasiswa maupun orang biasa, karena dalam buku ini terdapat beberapa informasi
atau pemaparan tentang tren TIK dan peran dari media komputer untuk
pembelajaran yang mampu menghasilkan sebuah inovasi multimedia pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar