Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Teknologi Pembelajaran


Nama   : Rofiatun Nafiah
Nim     : 2817133169
Prodi   : PGMI 1E

 

Judul buku       : Teknologi Pembelajaran
Penulis             : Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si
Penerbit           : PT REMAJA ROSDAKARYA
Tahun terbit     : 2011
Tebal halaman : 221 halaman
Harga               : -
Buku Teknologi Pembelajaran yang ditulis oleh Dr.Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si, diterbitkan oleh PT REMAJA ROSDAKARYA Kota Bandung  Jln. Ibu Inggit Garnasih No.40. Di buku Teknologi Pembelajaran ini, penulis  mengajak para pembaca memaknai hakikat multimedia mengenai TIK dalam  pembangunan dunia pendidikan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan bagian dari IPTEK yang secara umum adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi. Perkembangan TIK telah mempengaruhi  seluruh bidang kehidupan manusia, misalnya pada bidang pendidikan, banyak para guru, dosen, tutor, maupun instruktur yang menggunakan teknologi komputer untuk mendukung pembelajarannya melalui berbagai model komunikasi. Media pembelajaran komputer dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran jarak jauh serta memberikan kecepatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik dan generasi bangsa secara lebih luas.
Penggunaan komputer multimedia merupakan salah satu pemanfaatan media komunikasi komputer yang dapat membantu aktivitas belajar siswa yang lebih siap daripada sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa media komputer mampu membangkitkan komunikasi interaktif. Pembelajaran interaktif mampu membuat siswa untuk belajar dengan motivasi tinggi karena keterkaitannya pada sistem multimedia yang mampu menyuguhkan tampilan teks, gambar, video, suara, dan animasi.
Pembelajaran berbasis komputer dikenal beberapa model pembelajaran yaitu model drill, tutorial, simulasi dan games. Metode drill merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penyediaan latihan soal yang bertujuan untuk menguji penampilan siswa melalui kecepatan menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan program. Program CAI model tutorial merupakan program pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak beberapa program komputer yang berisi materi pelajaran. Tahapan pembelajaran model tutorial diantaranya, penyajian informasi, pertanyaan dan respon, penilaian respon, pemberian timbal balik respon, pengulangan dan segmen pengaturan pelajaran. Pembelajaran metode simulasi merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya. Tahapan model simulasi ini antara lain, pengenalan, penyajian informasi, dan penutup. Program CAI model games merupakan program pembelajaran yang lebih menekankan pada penyajian bentuk-bentuk permainan dengan muatan bahan pelajaran didalamnya. Permainan yang didesain menunjukkan kategori belajar melatih kecerdasan visual,  kinestetik, dan auditif. Adapun tahapan pembelajaran model games yaitu penyajian informasi, permainan pembelajaran, penilaian respon, pemberian balikan respon, pengulangan, melihat nilai. Dalam model ini permainan terbagi menjadi dua, permainan virtual online maupun  offline. Bentuk permainan dalam pembelajaran games antara lain berupa sajian permasalahan, mencocokkan, mencari pasangan, membentuk sebuah bangun atau objek tertentu bahkan dapat berupa pencarian jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.
Kelebihan dari buku ini ialah penulis dalam memaparkan materinya disertai dengan gambar yang dapat mempermudah para pembaca untuk melakukan praktikum maupun  memahami isi dari buku tersebut, dan buku ini layak untuk dijadikan referensi bagi dosen mata kuliah teknologi pembelajaran. Selain itu buku ini sangat sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa.
Kelemahan dari buku ini yaitu buku ini dalam pemaparannya banyak menggunakan bahasa asing (bahasa inggris) sehingga membuat sebagian orang yang tidak mengerti bahasa inggris kesulitan untuk memahaminya. Dan membuat para pembaca enggan untuk membaca serta mempelajari buku tersebut.
Buku Teknologi Pembelajaran ini layak untuk dibaca, dibeli maupun dimiliki oleh setiap orang, baik itu dari kalangan guru, mahasiswa maupun orang biasa, karena dalam buku ini terdapat beberapa informasi atau pemaparan tentang tren TIK dan peran dari media komputer untuk pembelajaran yang mampu menghasilkan sebuah inovasi multimedia pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar