Rabu, 18 Desember 2013

Resensi Buku Teknologi Pembelajaran


Nama   : Rofiatun Nafiah
Nim     : 2817133169
Prodi   : PGMI 1E

 

Judul buku       : Teknologi Pembelajaran
Penulis             : Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si
Penerbit           : PT REMAJA ROSDAKARYA
Tahun terbit     : 2011
Tebal halaman : 221 halaman
Harga               : -
Buku Teknologi Pembelajaran yang ditulis oleh Dr.Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si, diterbitkan oleh PT REMAJA ROSDAKARYA Kota Bandung  Jln. Ibu Inggit Garnasih No.40. Di buku Teknologi Pembelajaran ini, penulis  mengajak para pembaca memaknai hakikat multimedia mengenai TIK dalam  pembangunan dunia pendidikan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan bagian dari IPTEK yang secara umum adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi. Perkembangan TIK telah mempengaruhi  seluruh bidang kehidupan manusia, misalnya pada bidang pendidikan, banyak para guru, dosen, tutor, maupun instruktur yang menggunakan teknologi komputer untuk mendukung pembelajarannya melalui berbagai model komunikasi. Media pembelajaran komputer dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran jarak jauh serta memberikan kecepatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik dan generasi bangsa secara lebih luas.
Penggunaan komputer multimedia merupakan salah satu pemanfaatan media komunikasi komputer yang dapat membantu aktivitas belajar siswa yang lebih siap daripada sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa media komputer mampu membangkitkan komunikasi interaktif. Pembelajaran interaktif mampu membuat siswa untuk belajar dengan motivasi tinggi karena keterkaitannya pada sistem multimedia yang mampu menyuguhkan tampilan teks, gambar, video, suara, dan animasi.
Pembelajaran berbasis komputer dikenal beberapa model pembelajaran yaitu model drill, tutorial, simulasi dan games. Metode drill merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penyediaan latihan soal yang bertujuan untuk menguji penampilan siswa melalui kecepatan menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan program. Program CAI model tutorial merupakan program pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak beberapa program komputer yang berisi materi pelajaran. Tahapan pembelajaran model tutorial diantaranya, penyajian informasi, pertanyaan dan respon, penilaian respon, pemberian timbal balik respon, pengulangan dan segmen pengaturan pelajaran. Pembelajaran metode simulasi merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya. Tahapan model simulasi ini antara lain, pengenalan, penyajian informasi, dan penutup. Program CAI model games merupakan program pembelajaran yang lebih menekankan pada penyajian bentuk-bentuk permainan dengan muatan bahan pelajaran didalamnya. Permainan yang didesain menunjukkan kategori belajar melatih kecerdasan visual,  kinestetik, dan auditif. Adapun tahapan pembelajaran model games yaitu penyajian informasi, permainan pembelajaran, penilaian respon, pemberian balikan respon, pengulangan, melihat nilai. Dalam model ini permainan terbagi menjadi dua, permainan virtual online maupun  offline. Bentuk permainan dalam pembelajaran games antara lain berupa sajian permasalahan, mencocokkan, mencari pasangan, membentuk sebuah bangun atau objek tertentu bahkan dapat berupa pencarian jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.
Kelebihan dari buku ini ialah penulis dalam memaparkan materinya disertai dengan gambar yang dapat mempermudah para pembaca untuk melakukan praktikum maupun  memahami isi dari buku tersebut, dan buku ini layak untuk dijadikan referensi bagi dosen mata kuliah teknologi pembelajaran. Selain itu buku ini sangat sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa.
Kelemahan dari buku ini yaitu buku ini dalam pemaparannya banyak menggunakan bahasa asing (bahasa inggris) sehingga membuat sebagian orang yang tidak mengerti bahasa inggris kesulitan untuk memahaminya. Dan membuat para pembaca enggan untuk membaca serta mempelajari buku tersebut.
Buku Teknologi Pembelajaran ini layak untuk dibaca, dibeli maupun dimiliki oleh setiap orang, baik itu dari kalangan guru, mahasiswa maupun orang biasa, karena dalam buku ini terdapat beberapa informasi atau pemaparan tentang tren TIK dan peran dari media komputer untuk pembelajaran yang mampu menghasilkan sebuah inovasi multimedia pembelajaran.


Resensi Buku Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak


Nama : Ruli Novita Sari
NIM : 2817133172
PRODI : PGMI I E


Judul Buku                  :Membentuk Kecerdasan
                                 Spiritual Anak
 Penulis                        :Wahyudi Siswanto
 Penerbit                      :Amzah
 Jumlah Halaman         :106 halaman
 Harga Buku                :Rp. 26.900,00
 Tahun Terbit               :2010

           Buku yang berjudul Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak ini merupakan buku cetakan pertama yang ditulis oleh Wahyudi Siswanto dan diterbitkan oleh Amzah tahun 2010.
            Di buku ini dijelaskan hasil penelitian para ahli, orang-orang yang mempunyai nilai tinggi, yang berhasil dalam jabatan, kaya atau yang mempunyai kedudukan tinggi ternyata tidak bahagia. Orang yang yang berhasil justru ditunjukan oleh orang-orang yang mempunyai kecerdasan spiritual. Secara terminologi, kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan pokok yang dengannya dapat memecahkan masalah-masalah makna dan nilai. Menempatkan tindakan atau suatu jalan hidup dalam konteks yang lebih luas, kaya dan bermakna. Kecerdasan spiritual lebih merupakan sebuah konsep yang berhubungan dengan bagaimana seseorang cerdas dalam mengelola dan mendayagunakan makna-makna, nilai-nilai, dan kualitas-kualitas kehidupan spiritualnya. Dalam buku ini kecerdasan spiritual seseorang di artikan sebagai kemampuan seseorang yang memiliki kecakapan transenden. Kesadaran yang tinggi untuk menjalani kehidupan, menggunakan sumber-sumber spiritual untuk memecahkan permasalahan hidup dan berbudi luhur. Pendidikan spiritual yang bisa di kembangkan pada diri anak balita adalah pedidikan pengembangan kecerdasan spiritual dalam berbagai hubungan. Pendidikan ini mendidik anak dalam berhubungan dengan orang lain, dan berhubungan dengan alam.
            Kelebihan di dalam buku ini kata-kata dan alur ceritanya mudah dipahami, meski alur maju mundur. Mengajarkan orang tua agar mengerti, memahami, memilih, memilah, menyimpulkan, menilai dalam membentuk kecerdasan anak. Sebuah bacaan menarik yang sangat inspiratif.
            Tapi di dalam buku ini selain ada kelebihan juga masih terdapat kekurangan. Kekurangan di dalam buku ini yaitu terlalu tipis halaman dan pembahasan nya sedikiti membosan kan karena intinya sama saja.
            Buku ini pantas dibaca untuk siapa saja, terutama untuk kaum wanita. Sesuai konsepnya yang inspirasional, buku ini memberikan banyak inspirasi dan pesan yang dapat mengalir hingga ke lubuk hati dan pikiran. Sebuah buku yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana.

Resensi Buku Bimbingan Konseling Islam

Nama  : Rochim Fauzi
Kelas  : PGMI 1 E
Nim     : 2817133167

Judul Buku    : Bimbingan Konseling Islam
Penulis Buku : Elfi Mu’awanah
Penerbit buku: TERAS
Tahun Terbit : 2012
Tebal Buku    : 355 Halaman
Harga Buku   : Rp.35.000                               

                                   
           
            Buku’’Bimbingan  Konseling’’ ini disusun untuk menunjang mata kuliah di perguruan tinggi.Fenomena Kenakalan remaja merupakan hal yang penting untuk di pahami agar dapat dijadikan dasar untuk memilih pendekatan konseling islam yang mana didalam buku ini ada bentuk konseling alternatif dalam perspektif Qur’an.
           Kenakalan remaja semakin di rasakan oleh masyarakat baik di negara maju maupun negara berkembang, salah satu faktor kenakalan remaja di sebabkan oleh Keimanan religius yang kurang kuat  remaja yang seperti itu cenderung mengiyakan terhadap nilai yang sebenarnya berlawanan dengan nilai agama. Maka untuk mengubah tingkah laku yang seperti itu dibutuhkan Bimbingan Konseling Islam, ini Bertujuan untuk  membimbing seorang anak khususnya para remaja dalam mengubah tingkah laku yang negatif menjadi tingkah laku yang positif. Dalam bimbingan ini mengemukakan berbagai jalan pelurusannya, pendidikan berdasarkan dari Al Qur’an.
            Buku ini mempunyai kelebihan dari segi fisik sampul cukup menarik, Dari segi kertas termasuk yang bagus karena tidak mudah kisut dan sobek
, dari segi isi dan kalimat tidak terlalu rumit.
Buku ini mempunyai Kelemahan di penulisannya ayat Al Qur’an kebanyakan tidak di beri harokat, sehingga pembaca merasa bingung pada waktu membaca ayat tersebut.
           Buku’’Bimbingan konseling islam’’ini bagus untuk di baca oleh para kalangan remaja. khususnya para mahasiswa. Karena di dalam buku ini mempelajari tentang pertumbuhan remaja dan yang paling penting mempelajari tentang mengubah tingkah laku yang negatif menjadi positif, dan di susun dari hasil penggalian dari ayat-ayat Al Qur’an.

Resensi Buku Pengantar Studi Islam


NAMA           : QORI’ATUL A’YUNI
KELAS          : PGMI 1E
NIM                : 2817133147


Add caption
JUDUL BUKU         : PENGANTAR STUDI ISLAM
PENULIS                  : NGAINUN NAIM
PENERBIT               : TERAS
HALAMAN               : 253 HALAMAN
HARGA                     : Rp. 35.000





Buku ini adalah salah satu buku yang menjelaskan tentang Metodologi Studi Islam yang beda dari yang lain. Karena, buku yang berjudul ”Pengantar Studi Islam” masih jarang ditulis pada saat cetakan buku ini. Karena yang lebih banyak ditulis dan beredar adalah buku yang berjudul “Metodologi Studi Islam” tetapi hal ini dapat dimaklumi mengingat PSI sesungguhnya merupakan revisi dari MSI. Dan buku ini adalah buku matakuliah yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dalam memahami aspek-aspek ajaran Islam secara mendasar. Dengan memahami matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman Islam secara lebih utuh, komprehensif dan inklusif.
Pengertian Studi Islam adalah salah satu langkah yang  lebih baiknya diperhatikan dalam studi bidang apapun untuk memahami tentang apa yang  dipelajari. Pemahaman ini penting artinya sebagai kerangka acuan, orientasi,  dan penentuan langkah strategis. Rasanya mustahil seseorang akan mencapai hasil studi yang maksimal jika ia sendiri tidak paham terhadap apa  yang dilakukannya. Selain itu, kata Studi Islam sendiri merupakan gabungan dari dua kata,  yaitu kata Studi dan kata Islam. Kata  Studi diartikan sebagai mempelajari sesuatu untuk mengerti kedudukan masalahnya, mencari pengetahuan tentang sesuatunya di dalam hubungan sebab dan akibatnya, ditinjau dari jurusan yang tertentu, dan dengan metode yang  tertentu pula.
Sejarah awal Studi Islam berlangsung secara praktek sesungguhnya sudah berlangsung semenjak awal pertumbuhan Islam, yakni pada masahidup Nabi Muhammad Saw. Studi Islam sebagai sebuah praktek pada masa Nabi tersebut berlangsung dalam berbagai bentuk. Seperti, ada yang bentuk khutbah, dalam bentuk dialog, maupun bentuk dalam forum-forum diskusi. Sumber agama Islam salah satunya yaitu Al-Qur’an, Al-Qur’an merupakan mashdar dari kata qa-ra-a, yang berarti ”bacaan”, dan “apa yang tertulis padanya”. Pada bagian epistemologi merupakan pembahasan filsafat. Yang secara garis besar filsafat terbagi menjadi tiga, yaitu epistemologi, ontologi, danaksiologi. Yang  disebut dengan ontologi adalah cabang filsafat yang membahas tentang hakikat segala sesuatu. Dan aksiology adalah cabang filsafat yang membahas tentang nilai.
Kelebihan dalam buku ini adalah ketika sipembaca mulai hanyut dan memahami apa yang  dibicarakan di dalam buku ini. Mulai dari bahasa yang mudah dipahami, font tulisan yang cukup agar mudah di baca serta kertas yang bagus ikut serta dalam mempengaruhi nilai bobot buku tersebut. Si penulis juga menjelaskan dan menyebutkan keterengan-keterangan dari Al-Qur’an agar lebih kuatnya bukti yang sudah ia jelaskan dalam buku tersebut. Selain itu, sipenulis juga memberikan keterangan dari mana dia mengambil atau mengutip setiap kata atau kalimat yang ia ketik pada buku ini. Jadi, itu juga dapat membantu para pembaca yang ingin membenarkan atau mencari tahu benar atau tidak isi kutipan tersebut.
Selain memiliki kelebihan buku ini juga masih mempunyai kekurangan dalam menjelaskan tentang Studi Islam ini.  Dalam arti keterangan atau penjelasan belum semua ditulis dan disebutkan dalam buku ini. Pada bagian-bagian yang tertentu ada kata atau ketikan  yang kurang jelas dan sama sehingga sulit untuk di baca.
Tetapi, meskipun buku ini mempunyai kekurangan mungkin tidak semua orang  menilainya sama antara kelebihan dan kekurangan buku ini. Maka,  lebih baiknya untuk semua kalangan baik tua atau muda khususnya para mahasiswa yang memiliki mata kuliah  “Metodologi Studi Islam” atau “Pengantar Studi Islam” tidak ada salahnya untuk membaca buku ini agar tahu antara buku ini dan buku yang lain. Karena,  tidak dirasa buku ini juga merupakan buku terbaik dari  buku-buku yang terbaik lainnya.